Sabtu , 22 November 2014
INFO
Home / BERITA / Berita / Masjid Kubah Emas,sepanjang Ramadhan dibanjiri kegiatan dan Turis Rohani

Masjid Kubah Emas,sepanjang Ramadhan dibanjiri kegiatan dan Turis Rohani

Masjid Kubah Emas yang memiliki luas delapan ribu meter persegi itu diresmikan pada 31 Desember 2006, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1427 H. Bahan-bahan material masjid, seperti emas, lampu, dan granit diimpor dari Italia. Beberapa material lain juga didatangkan langsung dari Spanyol, Norwegia, dan Brazil. Pembangunan Masjid Kubah Emas dilakukan oleh tenaga profesional dari luar negeri dan memakan biaya hingga miliar rupiah.

Masjid Kubah Emas dibangun oleh seorang pengusaha asal Banten bernama Hj Dian Djuriah Al Rasyid. Pengusaha kaya tersebut membeli tanah di kawasan Depok sejak 1998 dan mulai membangunnya sejak 2001.Pembanguan masjid selesai pada akhir 2006 dan dibuka untuk publik tepat pada 31 Desember 2006.

dibanjiri segudang kegiatan sepanjang Ramadan. Salah satu kegiatan yang unik adalah Salat Tarawih, di mana menghabiskan satu juz Alquran setiap harinya.

Pengelola kawasan Islamic Center Dian Al Mahri, Yudi Camaro menuturkan, pihak pengelola menyediakan tajil untuk berbuka puasa setiap harinya, seperti air mineral, teh manis hangat, es buah, kolak, dan kurma. Selain itu, kata Yudi, pada 2-6 September 2009akan diadakan Ramadhan Fair.

“Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Lebaran. Semua barang yang dijual dijamin harganya miring, karena pihak pengelola bekerja sama dengan industri,” katanya, Minggu (23/8/2009).

Selain itu, kata Yudi, bakal dilangsungkan lomba busana muslim bagi anak-anak, lomba marawis, dan pameran buku-buku Islam.

“Semua itu bertujuan membantu umat atau amal,” kata Yudi.

Yudi menambahkan, nantinya pada saat memasuki waktu Nuzul Quran, pihak pengelola akan mengadakan haflah Quran, dengan mengundang qori internasional dari Mesir bernama Syeh Mahmud Ali Hasan.

Selanjutnya, sepuluh hari menjelang qiamul lail, kawasan Islamic Center Dian Al Mahri dibuka 2×24 jam.

“Pengelola menyediakan makan untuk sahur bagi siapa pun yang ingin beritikaf di Masjid Kubah Emas,” tandasnya.

Masjid dengan luas delapan ribu meter persegi ini berdiri di atas tanah seluas 60 hektare, dan merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan terpadu yang diberi nama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri.

Masjid ini dapat menampung 15 ribu jamaah untuk pelaksanaan salat dan 20 ribu jamaah untuk pelaksanaan majelis taklim.
Ribuan warga mulai mengunjungi Masjid Dian Al-Mahri atau yang terkenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas di Jalan Meruyung, Cinere, Limo, Depok.

Selain sekedar untuk berwisata rohani, hari ini kebanyakan pengunjung yang hadir juga terlihat antusias mengikuti pengajian betajuk “Curhat Akbar Mama Dedeh dan Aa”. Pengajian yang dimulai pukul 13.00 WIB itu, dihadiri sekira empat ribu jemaah yang berasal dari berbagai kalangan.

Tak hanya warga Depok, masyarakat dari kota lain yang jaraknya sangat jauh pun rela mengunjungi masjid ini. Salah satunya Yoyo (50), warga asal Tasikmalaya. Dia mengaku baru pertama kali berkunjung ke Masjid Kubah Emas. Hal itu, katanya, karena bertepatan dengan liburan sekolah dan awal bulan Ramadan, sehingga dia bias membawa empat anggota keluarganya.

“Saya berangkat dari rumah sejak pagi hari untuk bisa ke sini, dan alhamdulillah ada acara pengajian jadi sekalian dapat siraman rohani,” tuturnya, Minggu (23/8/2009). [okezone]

About MUSLIM

Loading Facebook Comments ...

3 comments

  1. Kunjungan malam kepada Sahabat se-Perjuangan..

    Selamat menjalankan Ibadah Puasa ya Gan..

    Salam Anak Bangsa..
    Salam Perubahan..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/25/berpuasa-dan-pil-anti-lapar/

  2. Assalamu’alaikum wr.wb

    Saya belum pernah ke masjid kubah emas, tapi saya melihat dan baca berita tentang masjid kubah emas sampai merinding… begitu indahnya masjid kubah emas ini. Pastilah pemiliknya seorang yang dermawan…Seandainya saya bisa bertemu langsung dengan beliau… apakah bisa..???

    terimakasih wassalam

  3. alhamdullilah masjid yang indah dan megah berada bi bumi indonesiaku tercinta ini,saya sebetulnya belum sempat ke masjid ini,insya allah pada suatu saat pasti saya sampai ke masjid ini amin…….

Tinggalkan Balasan