Kamis , 23 Oktober 2014
INFO
Home / BERITA / Berita muslim / Inilah Pertemuan Pertama SBY-JK sejak SBY dilantik jadi Presiden Kembali

Inilah Pertemuan Pertama SBY-JK sejak SBY dilantik jadi Presiden Kembali

foto by detiknews

Mantan wakil Presiden Jusuf kalla menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor Presiden di Jakarta.

Kalla tiba di depan kantor presiden tepat pukul 13.00 WIB dengan menggunakan mobil sedan Lexus. Kalla terlihat langsung disambut hangat oleh presiden SBY dengan cium pipi kanan & kiri.

Pertemuan ini adalah pertemuan pertama kali, Presiden SBY dan Jusuf Kalla sejak SBY dilantik sebagai Presiden RI periode 2009-2014. Kalla saat ini dianggap agak menjauh dari pemerintah menyusul berbagai komentar miringnya terkait kasus Bank Century.

Kehadiran Kalla di Istana terkait diangkatnya Kalla senagai PMI. Dia hjadir sebagai pengurus PMI lainnya. Terlihat wakil ketua PMI Bachtiar Chamzah yang sebelumnya mantan Menteri Sosial.

Dalam pertemuan itu, juga hadir Menteri Kabinet Indonesia bersatu, seperti Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Hubungan SBY dan JK terbilang unik. Keduanya sama-sama pernah menjadi pembantu Presiden Abdurrahman Wahid untuk masa yang singkat dalam Kabinet Persatuan Nasional (1999-2001). Keduanya juga pernah membantu Presiden Megawati Soekarnoputri dalam Kabinet Gotong Royong (2001-2004), dan memegang posisi kunci. SBY adalah menko polkam, dan JK adalah menko kesra. Menyusul konflik dengan Mega yang terjadi menjelang pemilihan umum 2004, SBY memilih hengkang meninggalkan kabinet. Tak lama, langkah SBY ini diikuti JK.

Keduanya lantas bergabung dalam Pilpres 2004, dan menang. SBY dan JK membentuk Kabinet Indonesia Bersatu (KIB). JK yang sering ceplas-ceplos dan bertindak cepat dipandang dapat melengkapi SBY yang cenderung berhati-hati dan akhirnya terkesan lambat dalam menghadapi situasi. JK juga dianggap sebagai tameng pelindung yang aktif dan mampu menyelamatkan SBY dari berbagai situasi gawat.

Hubungan keduanya relatif baik hingga memasuki tahun 2009. Menjelang Pemilu 2004 mulai muncul perpecahan dan persaingan. Duet ini mulai disebut-sebut akan pecah dan memilih jalan masing-masing. Perkiraan itu menjadi kenyataan setelah usai Pemilu 2009 JK mengumumkan dirinya akan maju dalam Pilpres 2009.

Pada akhirnya, JK yang berpasangan dengan Jenderal (purn) Wiranto harus menerima kenyataan pahit. Mereka hanya berada di posisi ketiga. Adapun SBY yang berpasangan dengan Boediono berada di tempat pertama.

Pertemuan antara JK dan SBY beberapa saat lagi memiliki arti penting di tengah pengusutan skandal dana talangan Bank Century yang diputuskan Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) Sri Mulyani dalam sebuah rapat yang digelar dinihari tanggal 21 November 2008. JK dianggap sebagai figur kunci yang memiliki informasi-informasi kunci di balik skandal itu.

Dia memang tidak diberi tahu dan dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Sri Mulyani dan Gubernur BI ketika itu, Boediono, baru melaporkan keputusan KSSK itu tanggal 25 November 2008. Begitu menerima laporan Sri Mulyani dan Boediono, JK langsung memerintahkan penangkapan pemegang saham pengendali Bank Century, Robert Tantular. Menurut JK, krisis di Bank Century adalah buah dari perampokan yang dilakukan oleh pemilik.

Kunjungan JK ke istana hari ini dilakukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang baru. JK hendak melaporkan hasil musyawarah nasional PMI juga rencana-rencana yang akan dikerjakan PMI periode 2009-2014 yang dipimpinnya.

Tetapi dari sisi lain, pertemuan itu juga dinilai bermakna politis. Terlebih saat ini pemeriksaan skandal Bank Century tengah berada di saat-saat yang paling menentukan. JK malam nanti, sekitar pukul 19.00 WIB, akan diperiksa oleh Pansus.

Banyak kalangan yang ingin mendengarkan pernyataan dan informasi yang dimiliki oleh JK dalam skandal ini. Berbagai kalangan masih menganggap JK sebagai sosok yang bersih dan tidak memiliki pretensi dan kepentingan di dalam kasus ini. Tetapi, semua itu tampaknya tergantung agenda lain yang tersimpan dalam pertemuan JK dan SBY siang ini.[vvn/rmdk]

About MUSLIM

Loading Facebook Comments ...

4 comments

  1. Apa mereka mau berkoalisi lagi nih? Karena semenjak SBY pisah dari JK, kayaknya malah banyak sialnya ya? Kena banyak isyu… hehe

  2. Sejak kapan sih Budaya Indonesia pake Pelok-pelokan, pipi kanan, pipi kiri kalau saling bertemu? (Setelah Presiden kita ketemu Presiden IRAN?)

    Apakah Presiden sendiri sudah lupa sama budaya Indonesia?

    Ini budaya Jawa yang saya tau (kalau ada budaya daerah lain silahkan di tulis disini)
    1. Saling berjabat tangan, lalu menaruh/menempelkan tangan kita ke dada (Ini salah satu budaya Indonesia)
    2. Kalau menerima barang dari orang lain, tangan kanan yang maju dan tangan kiri memegang lengan tangan kanan (Sopan santunnya)

    Silahkan daerah lainnya berbagi info?

  3. kapan sih presiden SBY sama wapres JUSUF KALLA dilantik? tugas nih haha

  4. kalo perpisahan pertama kayak apa ya???

Tinggalkan Balasan