Senin , 14 Juli 2014
INFO
Home / BERITA / Berita muslim / Muslim Kanada Bangun Masjid Pertama di Kutub Utara

Muslim Kanada Bangun Masjid Pertama di Kutub Utara

Muslim Kanada telah mendirikan menara masjid pertama di Arktik, di atas sebuah mesjid kuning kecil yang berfungsi sebagai rumah ibadah untuk masyarakat Muslim di daerah itu.

Masjid rakitan tersebut tiba di Inuvik bulan lalu untuk melayani populasi Muslim yang meningkat di utara jauh Kanada, setelah perjalanan 4.000 kilometer melewati jalan darat dan sungai.

Menara tersebut – dibangun secara lokal dan dirakit minggu ini – memiliki empat tingkat dan berdiri 30 meter dari tanah.

“Menara ini benar-benar indah ketika kita menyalakan lampu dalam gelap,” kata Amier Suliman, seorang anggota komite masjid, kepada AFP, Rabu (25/10).

Hanya tinggal sentuhan akhir- melapisi cat kedua di dalam, dan mengaitkan pipa kamar mandi – sebelum pembukaan masjid agung tersebut minggu depan.

“Ini adalah menara masjid pertama yang dibangun di Kutub Utara,” kata Suliman menyatakan kegembiraannya melalui telepon.

“Beberapa akan mengatakan itu adalah daerah perbatasan baru bagi Islam,” komentarnya. “Tapi bagi saya apa yang penting adalah bahwa umat Islam di sini yang pernah shalat pada hari Jumat di gereja Katolik setempat atau di trailer sekarang memiliki tempat yang tepat untuk ibadah, dengan menara yang tepat.”

Jumlah Muslim di Inuvik, sebuah kota dengan 4.000 penduduk di Wilayah barat laut Kanada, telah berkembang dengan konstan dalam beberapa tahun terakhir menjadi sekitar 80 orang dan mereka tidak  lagi layak untuk menggunakan tiga karavan lama sepanjang tujuh meter yang digunakan untuk shalat sampai sekarang.

Masjid dirakit di Manitoba Kanada tengah dan dibawa ke utara Kanada sejauh 4000 KM

Jemaat tidak mampu membangun masjid baru di kota, di mana harga tenaga kerja dan bahan-bahan yang jauh lebih tinggi daripada di bagian selatan Kanada, kata koordinator proyek Ahmad Alkhalaf sebelumnya.

Tapi mereka menemukan pemasok bangunan prefabrikasi di Manitoba yang mengatakan struktur masjid itu bisa di kapalkan ke Inuvik dengan harga setengah dari bangunan masjid awal.

Sebuah badan amal Muslim lokal – Yayasan Zubaidah Tallab dari Thompson, Manitoba – juga menawarkan untuk membantu pembiayaan untuk fasilitas seluas 140 meter persegi, kata Alkhalaf.

Maka, pada akhir Agustus perjalanan masjid kuning kecil mulai dari bagian belakang truk, berkelok-kelok melalui padang rumput yang luas dan hutan Barat Kanada menuju Sungai Hay di tepi Danau Great Slave, Wilayah Northwest.

Dari situ kerangka bangunan tersebut dipindahkan ke tongkang dan berlayar menyusuri Sungai McKenzie ke Inuvik, sekitar 200 kilometer di utara Lingkaran Arktik.

Para Jemaah – sebagian besar Imigran Muslim Sunni dari Sudan, Libanon dan Mesir yang pindah ke Kanada jauh di utara untuk mencari pekerjaan dan kesempatan ekonomi yang lebih baik- akan mengadakan open house pada tanggal 5 November. Selain sebagai tempat ibadah, fasilitas ini juga akan berfungsi ganda sebagai pusat komunitas Muslim. (vancouversun)

About ahmad orphan

Loading Facebook Comments ...

22 comments

  1. @salt asin

    antum sengaja ingin memecahbelah Islam di sini dengan provokasi?Ini bukan forumnya bung, ini forum khusus bahas Islam vs Kristen…jadi kalo mau bahas internal Islam ya di forum tersendiri, bukan di sini…

  2. Manfaat Merokok

    iYang namanya orang kalau sudah kecanduan sangat, ada-ada saja argumen yang diomongkan meskipun memang sudah jelas-jelas bahwa hal yang disukai sangat berbahaya bagi kesehatan, baik kesehatan mata betulan maupun mata pencarian.

    Beberapa saat setelah dikeluarkannya fatwa haram merokok, saya dan teman-teman kebetulan berkumpul. Saya bilang kebetulan karena memang sudah jarang sekali ketemu dan berkumpul. Mengingat semua sibuk dengan penelitian tesisnya masing-masing.

    Kebetulan kami semua yang berkumpul waktu itu adalah perokok. Bak politisi teman saya yang jangkung tetapi tidak kurus, perutnya agak sedikit buncit, layaknya hamil 3 bulan membuka topik dengan menyebut larangan merokok. Segera saja terjadi perdebatan seru mengenai plus minusnya merokok.

    Yang kemudian menggelitik saya, adalah argumen teman saya yang mengatakan bahwa manfaat rokok pun ada. Tak hanya negatifnya saja yang muncul. Tanpa mengurangi hotmat saya kepada pihak-pihak yang melarang merokok dan juga teman-teman pembaca yang juga tidak merokok, saya tertarik untuk memposting manfaat rokok versi teman saya. Entah dia dapat darimana, yang jelas kalau ada yang merasa menjadi penulis dari manfaat merokok yang saya posting, saya minta maaf. Jadi inilah manfaat merokok versi teman saya :

    1. Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok.
    2. Menghindarkan dari perbuatan jahat karena tidak pernah ditemui orang yang membunuh, mencuri dan berkelahi sambil merokok.
    3. Mengurangi resiko kematian; dalam berita tidak pernah ditemui orang yang meninggal dalam posisi merokok.
    4. Berbuat amal kebaikan; kalau ada orang yang mau pinjam korek api paling tidak sudah siap / tidak mengecewakan orang yang ingin meminjam.
    5. Baik untuk basa-basi / keakraban; Kalau ketemu orang misalnya di Halte kita bisa tawarkan rokok. Kalau basa-basinya nawarin uang kan boros.
    6. Memberikan lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan, pembuat asbak, pabrik kemasan dan perusahaan obat batuk.
    7. Bisa untuk alasan untuk tambah gaji karena ada post untuk rokok dan resiko baju berlubang kena api rokok.
    8. Bisa menambah suasana pedesaan/nature bagi ruangan ber AC dengan asapnya, sehingga seolah-olah berkabut.
    9. Menghilangkan bau wangi-wangian ruang bagi yang alergi bau parfum.
    10. Kalau mobil mogok karena busi ngadat tidak ada api, maka sudah siap api.
    11. Membantu program KB dan mengurangi penyelewengan karena konon katanya merokok bisa menyebabkan impoten.
    12. Melatih kesabaran dan menambah semangat pantang menyerah karena bagi pemula merokok itu tidak mudah; batuk-batuk dan tersedak tapi tetap diteruskan (bagi yg lulus).
    13. Untuk indikator kesehatan; biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat.
    14. Menambah kenikmatan: sore hari minum kopi dan makan pisang goreng sungguh nikmat. Apalagi ditambah merokok !
    15. Tanda kalau hari sudah pagi, kita pasti mendengar ayam merokok.
    16. Anti maling, suara perokok batuk berat di malam hari mujarab untuk mengusir penjahat.
    17. Membantu shooting film keji, rokok digunakan penjahat buat nyundut jagoan yg terikat di kursi… “hahaha penderitaan itu pedih Jendral..!!! “
    18. Film cowboy pasti lebih gaya kalo ngerokok sambil naek kuda, soalnya kalo sambil ngupil susah betul.
    19. Sebagai pengganti pelubang kertas saat emergency
    20. Membuat awet muda, karena konon orang yang merokok berat belum sampai tua udah mati duluan kena kanker paru-paru. Fakta lain …sekitar 30% orang meninggal di dunia adalah perokok. 70%-nya bukan perokok..!! Maka merokoklah agar masuk ke golongan yg lebih sedikit itu

    Nah, itulah manfaat rokok versi teman saya…lalu versi saya gimana ? wah yang jelas saya sadar betul bahwa rokok berbahaya untuk kesehatan. Bahkan beberapa kali saya sudah coba berhenti, tapi apa daya, tak semudah membalikkan telapak tangan ternyata. Yag bisa saya lakukan adalah mengurangi. Buat saya sendiri ternyata rokok memang sudah menjadi kebutuhan, jujur saja, setiap kerja di depan laptop saya selalu merokok. Dan bahkan sebisa mungkin saya hindari ruangan ber-AC atau ruangan yang ada larangan merokok. Jadi kalau pas nangkring di bandara, biasanya paing mudah mencari saya, karena saya akan sangat nyaman berada di smoking room.

    Mohon maaf buat yang tidak setuju atau kurang berkenan dengan postingan saya ini. Artikel ini tidak dimaksudkan untuk propaganda atau semacam iklan.

  3. Astagfirullah …..
    Begini ini yg kau lakukan sbg seorang muslim Salt ?
    Tmn2 udah ngigetin baek2 , tapi tanggapanmu begitu.
    It’s up to you (sambil geleng2 kepala)

  4. bagaiman jika blog-mu di kotori tulisan2 tak sedap semacam ini , apa kau suka ? Jaga tata tertib dan kesopanan di rumah org lain.
    Semoga sampah spt yg kau tulis itu nggak mengotori rumah (blog) mu.

  5. @salt
    coment loe gak nyambung ma thread.

    to admin utk coment salt dimasukkan aja ke recycle bin

  6. YTH KAWAN KU HENTIKAN BLOG CACI MAKI INI-yang tidak senang padaku -silahkan lewat Phone—-

    Saya wanita berusia 25 th. pada bagian anus saya terdapat benjolan yang keluar atau mungkin disebut ambeien, dulu kalau saya BAB memang pernah mengeluarkan darah tapi saya pikir itu karena saya sedang panas dalam,dan sekarang kalau saya BAB sudah tidak pernah berdarah lagi dan tidak menyebabkan sakit apapun pada pantat atau anus saya.sekarang ukurannya sekitar seujung jari,dan terus menonjol walaupun saya sedang tidak BAB. apakah benjolan itu benar ambeien? bila dibiarkan apakah akan berbahaya bila nanti saya melahirkan? tolong dijawab ya…..terima kasih…

    Jawaban :

    Benjolan yang ada pada daerah anus anda bisa dibilang memang haemorrhoid atau ambeyen, sebaiknya anda segera konsultasikan ke spesialis bedah. Ingat benjolan semakin membesar, walaupun saat ini tidak berdarah tapi bukan berartii tidak berbahaya. Sebaiknya anda juga sering mengkonsumsi banyak makanan berserat, hindari pedas karena dapat memicu peradangan pada benjolan itu, saran saya anda jangan membiarkan benjolan itu karna suatu saat tidak menutup kemungkinan dapat timbul radang dan berdarah, segera konsultasikan, semoga dapat jawaban saya datang membantu masalah anda ini.

    Terima kasih

  7. @salt

    setelah kemarin sengaja memprovokasi, sekarang nyampah di forum orang. sesuai kebijakan admin, semua postingan yang OOT harus di delete. Dan karena komentar salt OOT semua, maka saya sangat merekomendasikan untuk dihapus semua. terima kasih…

  8. Paulus Nabi Palsu

    @ Asin Kwadrat

    Bro, lama2x komen lo kok gak jelas juntrungannya malah sangat kontradiksi sekali dengan komen lo sebelumnya kayak gini :

    “Serulah (Manusia) Kepada Jalan Rabbmu Dengan Hikmah Dan Mau’izhah Dan Bantahlah Mereka Dengan Cara Yang Baik.” (An-Nahl: 125)

    aya aya wae lo

  9. Hallo My Brothers- I Love You, I Need You (mudah-mudahan dah Antum ngarti Bahasa Inggris Ane).
    Selamat datang, kita jumpa lagi, beberapa hari ini ane kaga hadir maklumlah ngurusin daging kurban (selagi gratis).
    Jangan malu-malu kalo ada perlu ke ane.panggil aja…ya….wassalam.

  10. Abdullah Yusuf Ali.

    Ia secara resmi membuka masjid pertama di Kanada di Edmonton pada bulan Desember 1938. Itu adalah Yusuf Ali yang menamakannya Al-Rasyid Masjid, mungkin setelah anaknya. Dia meninggalkan kesan yang sangat menguntungkan dengan segala yang ia datang dalam kontak dengan tetapi kehidupan pribadi nya gagal total. Dia adalah seorang penyendiri dalam kehidupan pribadi. Wajah pesona publik tampaknya merupakan suatu usaha untuk menyembunyikan kegagalan lebih dalam pada tingkat pribadi.

Tinggalkan Balasan