Jumat , 25 Juli 2014
INFO
Home / BERITA / Berita / Gara Gara Sepi Jemaat, Ratusan Gereja Friesland Terancam Tutup

Gara Gara Sepi Jemaat, Ratusan Gereja Friesland Terancam Tutup

Provinsi Friesland di sebelah utara Belanda memiliki jumlah gereja paling banyak di Eropa. Namun, karena jumlah jemaat yang datang terus menurun, hal ini menyebabkan masalah keuangan bagi gereja-gereja itu. Akibatnya, 100 dari 700 gereja yang ada harus menutup pintu-pintu mereka.

“Dalam sepuluh tahun mendatang, kami perkirakan 100 gereja harus ditutup dan dijual,” kata Gerhard Bakker dari Yayasan Gereja Tua Frisian.

“Jika pembeli tidak ditemukan, maka para developer akan datang. Mereka akan mencari tahu apakah mungkin diubah menjadi sebuah proyek pembangunan. Jika tidak, mereka akan menjadikannya perumahan.”

“Jadi gereja-gereja itu akan dihancurkan?” tanya reporter Radio Netherlands, dalam rekaman yang dimuat Jumat (3/12).

“Ya,” tegas Bakker.

Sebuah Gereja Reformasi di Winnebago mengalami nasib serupa. Developernya menyewa seorang arsitek untuk mengubah bangunan itu.

“Yang mungkin terjadi dalam 20 tahun adalah kami menghancurkan 85% dari bangunan-bangunan ini. Lalu tiba-tiba orang akan berkata, kami harus berhati-hati dengan 15% sisanya,” kata Silverster Adema, arsiteknya.

“Saya pikir di setiap desa ada 1,2,3 bangunan-bangunan ini [gereja]. Penting untuk menyisakan sebagiannya,” tambahnya.

Sebuah gereja di Leeuwarden lebih beruntung, karena hanya diubah fungsi menjadi perkantoran.

Tidak ada yang keberatan jika bangunan gereja beralih fungsi, itu lebih baik daripada dihancurkan. Yayasan Gereja Tua Frisian mengatakan, mereka sadar bahwa tidak semua gereja bisa diselamatkan. Meskipun demikian katanya, seharusnya pemerintah lebih terlibat dalam usaha menyelamatkan warisan arsitektur provinsi itu.

“Provinsi belum menunjukkan mana bangunan-bangunan yang layak diselamatkan. Dewan setempat hanya memutuskannya untuk sejumlah kecil bangunan,” kata Bakker. Dia menawarkan solusi penyelamatan gereja. “Provinsi harus menyediakan dana, dan pemilik bangunan bisa mengajukan permohonan dana itu.” Sekarang Dewan mungkin tidak punya cukup uang, tapi katanya, jika keadaan ekonomi baik mereka harus mempertimbangkan opsi tersebut.[di/rnw/hidayatullah.com]

About MUSLIM

Loading Facebook Comments ...

43 comments

  1. Wala…ternyata gereja bisa gulung tikar juga to???COLLAPSE!!!!Kayak perusahaan aja..
    Bentar lagi gereja2 itu bakalan jadi masjid, insya Allah…

  2. aq sebagai orang yang paling dungu dimuka bumi ingin juga berkomentar tentang link sarapanpagi.org diatas itu?

    Bahwa dari pihak protestan ingin mengingatkan bahwa memohon pada bunda Maria itu kurang baik, (bukan berarti tidak baik),

    seperti halnya sewaktu aq mondar-mandir di facebook khatolik, itu aku pernah menjumpai kata2 yaitu bahwa orang tersebut meminta bantuan doa pada para kudus yaitu malaikat,
    maka aku katakan agak salah karena akan seperti pemujaan kepada para malaikat,

    dan seperti halnya pendeta petrus dia juga pernah mengkritik yaitu bahwa para pastur yang membawa kemenyan yang dibakar dan keluar asapnya itu tidak lah perlu dilakukan dalam gereja,

    tapi dalam diriku tetep yakin satu yaitu mereka adalah para penyabit dan penuai,
    jadi kristen khatolik itu penyabit, dan kristen protestan itu penuai, dan MEREKA akan sama-sama mendapat bagian dalam Kerajaan Sorga, karena sepenuhnya melayani Tuhan Yesus,

    untuk Pak Ahmad tolong penjelasan yg lebih spesifik, kalo kamu cuma sembunyi di tempat ini maka kamu lah yang paling jenius, karena orang islam itu kalo dipandang dari segi manapun tetep salah?

    Silahkan komentar pak Ahmad,


    Sent on a phone using T9space.com

  3. aku tarik katakataku kembali, tentang memohon bantuan orang-orang kudus agar membantu mendoakan, misal ke bunda maria atau malaikat,?

    sebenarnya itu bener juga?
    Karena seperti contoh ini saja,
    misal aku orang sakit dan datang ke pak pendeta dan bilang , “pak pendeta tolong bantu doakan saya karena penyakitku gk sembuh-sembuh?”

    jadi menurutku orang khatolik tidak memberhalakan betul?

    Nah akhirnya, aku ngomong-ngomong sendiri. Dan dijawab sendiri juga,

    mungkin menunjukkan tanda-tanda nich hahahaha :D


    Sent on a phone using T9space.com

  4. jhony walker: ngacirr,Pembela :kabuuurr, Christian : mundur teratur mpe gemeteran, Budiyanti : ambil langkah seribu,Ahmad : wassalam, david :gak tau kemana( ngumpet kali ya),
    tapi T9 masih eksis.

  5. Rangga Yasua Oga

    @AHMAD

    http://www.answering-islam.org/Bahasa/Isa/Kembali_Akhir_Zaman.html#Bab1

    baca tuh yang bener2, jangan ngaku anda orang yang berpikir kritis,
    wihh memang sombong banget tuh orang kritis katanya ga percaya dajjal dateng..
    seneng banget kayanya anda ngaku orang kafir, sesungguhnya musuh para Nabi, Yesus ( Nabi Isa a.s ) dan Allah SWT adalah orang kafir dan orang kafir termasuk orang yang najis.

  6. Insya Allah aku akan turun kembali kedunia, menjadi hakim yang adil, akan kupatahkan salib , dan akan kubunuh babi.
    maknanya:
    Aku akan menjadi saksi bagi ke”Esa”an Allah, dan bersaksi bahwa sesungguhnya bukan aku yang mati disalib melainkan orang yang diserupakan denganku, sedang aku diselamatkan dengan diangkat Allah kesisiNya, umatku jg tahu bahwa aku “terangkat”, artinya ada kekuatan lain diluar diriku yg melakukannya sehingga aku “terangkat”.
    Dan aku juga akan bersaksi bahwa semasa misiku didunia aku mengajarkan umatku untuk mengharamkan babi.

    Namun sayang umatku yang “mencintaiku” telah membangkang dari ajaran2ku ( mungkin sebagai wujud kecintaan mereka kepadaku), mereka justru mengikuti tipu daya Paulus laknatullah yang memelintir dan memutar-balikkan ajaran2ku.

  7. @T9
    aku tarik katakataku kembali, tentang memohon bantuan orang-orang kudus agar membantu mendoakan, misal ke bunda maria atau malaikat,?

    ============================
    ngapain jauh2 ke kudus la wong kampung saya di pati kok

Tinggalkan Balasan