Kamis , 24 April 2014
INFO
Home / ISLAM / Al Qur'an / Alkohol Menurut Pandangan Islam dan Agama lain

Alkohol Menurut Pandangan Islam dan Agama lain

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالأَنصَابُ وَالأَزْلاَمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

[5:90] Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah434, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Apa saja dampak langsungnya?
Badan terasa santai.
Kehilangan pengendalian diri.
Pergerakan badan yang tidak terkendali.
Pandangan kabur.
Bicara tidak jelas.
Mual dan muntah-muntah.
Kehilangan kesadaran.
Kematian dengan berbagai cara: kecelakaan, bunuh diri, dll

Apa saja dampak jangka panjangnya?
Perut terasa terbakar.
Kerusakan hati.
Tekanan darah tinggi
Kerusakan otak.
Kehilangan daya ingat.
Kebingungan.
Ketidakstabilan darah.
Kerusakan jantung
Kanker saluran pencernaan
Meningkatnya risiko terkena kanker payudara
Gangguan pencernaan lainnya
Kesulitan tidur
Kerusakan otak
Sulit mengingat & konsentrasi
Depresi.
Masalah sosial (kecanduan alkohol, kriminalitas, masalah keluarga, dsb).
Siapapun yang meminum alkohol dengan jumlah banyak secara rutin, dalam jangka waktu tertentu, akan mengalami masalah fisik, emosional atau sosial.
Efek berbahaya lainnya

Sebagai tambahan terhadap masalah kesehatan, alkohol juga berdampak terhadap hubungan sesama, finansial, pekerjaan, dan juga menimbulkan masalah hukum

Mencampur obat-obatan
Sangatlah berbahaya mencampur minuman alkohol dengan obat-obatan lainnya karena ini meningkatkan efek dan mengembangkan kemungkinan akan hal-hal yang tidak diinginkan dan efek yang negatif termasuk kerusakan serius secara permanen. Kebanyakan kematian yang disebabkan oleh alkohol, selain kecelakaan, disebabkan karena mengkonsumsi minuman beralkohol berserta obat-obatan lainnya.

Apa yang harus kita lakukan jika seseorang mabuk?

Jangan biarkan orang itu mengemudikan kendaraan.
Beri dia air sebanyak-banyaknya.
Ajak dia makan.
Jangan tinggalkan dia sendirian.
Hindarkan dia dari tempat yang berbahaya, contohnya jalan, jembatan, tempat yang banyak airnya, balkon-balkon, dan lain-lain..
Jika seseorang pingsan karena mabuk:

Periksa sistem pernafasannya.
Bersihkan saluran pernafasan.
Baringkan orang itu dengan posisi miring, jika mereka telentang mereka akan tersedak ketika mereka merasa mual.
Dampak-dampak yang lebih serius yang mungkin membutuhkan penanganan medis:

Tidak sadar atau setengah sadar.
Pernafasan yang lambat.
Demam, pucat atau kulit memerah

Para dokter di Inggris mendesak peng-”haram”-an menyeluruh iklan alkohol untuk mengatasi melonjaknya konsumsi alkohol dan masalah yang ditimbulkannya.

Herannya, Anehnya, Ajaibnya, ada berbagai golongan umat yang justru menjadikan Alkohol sebagai minuman dalam sarana IBADAH WAJIB yang SANGAT PENTING & BERKALA SERTA BERTERUSAN.

Dan ini pun tertulis dalam kitab mereka tentang anjuran meminum Alkohol. Mari kita lihat ayat-ayatnya:

1 Timotius 5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

Amsal 31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.

1 Korintus 11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

1 Korintus 10:16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?

Yohanes 2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu–dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya–ia memanggil mempelai laki-laki,

Aneh,,, mana mungkin “Tuhan” menyuruh kita minum alkohol?
Jelas ini tidak mungkin bagi orang yang mau sedikit menggunakan akalnya.

Karena disatu sisi, banyak sekali ayat lain dalam kitab agama mereka sendiri yang juga melarang alkohol untuk selamanya! Mari kita lihat:

Imamat 10:9 “JANGANLAH ENGKAU MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS, ENGKAU SERTA ANAK-ANAKMU, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk SELAMANYA bagi kamu TURUN-TEMURUN.

Hakim-hakim 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, JANGAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN dan jangan makan sesuatu yang haram.

Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya.”

Yesaya 5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!

Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.

Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.

Lukas 1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;

Dari ayat diatas, boleh ditarik kesimpulan:
1. Alcohol dilarang oleh ALLAH sejak para Nabi terdahulu
2. Larangan larangan itu masih jelas tertulis dalam kitab
3. Alcohol dilarang turun temurun
4. Alcohol dilarang untok selamanya

Matius 5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya SELAMA BELUM LENYAP LANGIT DAN BUMI INI, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Lukas 16:17 LEBIH MUDAH LANGIT & BUMI LENYAP dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

Nabi Isa MENOLAK MINUM ANGGUR

Matius 27:34 Lalu mereka memberi dia minum anggur bercampur empedu. Setelah ia mengecapnya, IA TIDAK MAU MEMINUMNYA.

Markus 15:23 Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepadanya, TETAPI IA MENOLAKNYA.

Mungkinkah beribadah pada ALLAH dengan sarana minum Alcohol???
Mungkinkah beribadah pada ALLAH dengan sesuatu yg dilarang kitab???

Dari itu, ajaran yg telah hilang ini dimurnikan kembali oleh ALLAH dalam Qur’an melalui Rasulullah Muhammad SAW:

Qs. 5 Maa’idah:90. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
91. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu.

Dalam ayat ini ada beberapa bentuk ta’kid (penegasan) yang menunjukkan haramnya khamr.
1. Diawali dengan kata “Innama”.
2. Disejajarkan dengan praktek menyembah berhala dan mengundi nasib. Padahal keduanya merupakan aktivitas kemaksiatan yang berkaitan dengan masalah aqidah yang bisa menyebabkan kekufuran. Ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW:
“Membiasakan diri (minum) khamr seperti menyembah berhala” (HR Ibnu Majah).
3. Diberi sifat najis. Benda najis tentu tidak layak sama sekali untuk diminum, diproduksi, didistribusikan, dsb.
4. Ddisebutkan termasuk perbuatan syetan. Sedangkan syetan tidak
pernah mengerjakan perbuatan kecuali kejahatan dan kemungkaran.
5. Diperintahkan untuk dijauhi. Perintah untuk menjauhi ini lebih tegas daripada dilarang untuk meminumnya. Jika dekat saja tidak boleh, tentu meminumnya dan memanfaatkannya lebih tidak boleh.
6. Dikaitkannya orang yang mau meninggalkan perbuatan tersebut dengan
keberuntungan. Itu artinya, mendekatinya merupakan sebuah kerugian. Sedang, ukuran untung dan rugi dalam pandangan Islam adalah ridla Allah.

Kedua perbuatan tersebut (khamr dan berjudi) tidak hanya perbuatan
dosa, tetapi juga perbuatan yang bisa menjadi penyebab terjadinya perbuatan-perbuatan dosa lainnya. Ini sejalan dengan hadits Nabi SAW:
”Jauhilah khamr, karena sesungguhnya khamr itu adalah pembuka bagi setiap kejahatan” (HR Al Hakim, lihat dalam Al Mustadrak III hal 145).

“Sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat dalam khamr sepuluh personel, yaitu: pemerasnya (pembuatnya), peminumnya, pembawanya, pengirimnya, penuangnya, penjualnya, pemakan uang hasilnya, pembayarnya, dan pemesannya” (HR Ibnu Majah dan Tirmidzy).

”Dan sesungguhnya Allah, apabila mengharamkan suatu kaum untuk memakan sesuatu, maka haram pula bagi mereka hasil penjualannya” (HR Imam Ahmad dan Abu Daud).

“Sesungguhnya khamr itu telah diharamkan. Laki-laki itu bertanya,”Apakah aku harus menjualnya?”, Rasulullah SAW menjawab,”Sesungguhnya sesuatu yang diharamkan meminumnya, diharamkan pula menjualnya”. Laki-laki itu bertanya lagi,”Apakah aku harus memberikan kepada orang Yahudi?”

Rasulullah menjawab,”Sesungguhnya sesuatu yang diharamkan, diharamkan pula diberikan kepada orang Yahudi”. Laki-laki itu kembali bertanya,”Lalu apa yang harus saya lakukan dengannya?” Beliau menjawab,”Tumpahkanlah ke dalam selokan” (HR Al Khumaidi dalam Musnad-nya).

Inilah ketegasan Islam untuk MENJAUHI khamar, judi, berhala & mengundi nasib. Mendekati pun tak boleh, duduk bersama saat minum khamr/judi/berhala/mengund

i nasib pun tak boleh, apalagi melakukannya meski cuma sedikit.

”Diharamkannya khamr karena bendanya, banyak maupun sedikit. Juga yang memabukkan dari setiap minuman” (HR An Nasa’i dengan sanad hasan, Sunan An Nasa’i VIII hal 320 dan 321).

Dan jelas dari kesihatan pun telah dinyatakan jika Alcohol jauh lebih banyak kerugiannya dibanding manfaatnya.

Menurut Kristen: Alkohol itu wajib & sarana ibadah yang penting dalam ekaristi perjamuan kudus
. Tapi dilain ayat juga bilang jika Alkohol ialah HARAM SELAMANYA….
. Jadi mana yg harus diikuti? Bingung nih… ^_^
Menurut Islam: Alkohol itu haram selamanya meski cuma sedikit
Menurut Umum: Alkohol itu tidak baik
Menurut ilmiah: Alkohol itu haram
PILIH MANA?

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. QS. 4 An-Nisaa’:82

Maha Suci Allah dengan segala kekuasaan-Nya. Sungguh, apa-apa yang ditetapkan Allah, ada manfaat yng bisa diambil.

Jadi,,, 1 lagi bukti… Islam TERBUKTI BENAR!
DARI ILMIAH,,,, Islam terbukti Benar
DARI KITAB LAIN,,, Islam terbukti Benar

Segala puja & puji bagi ALLAH,,, Qur’an TERBUKTI Sepanjang Masa!

Qs.3 Ali Imran:85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

sumber :Group Islam Terbukti benar

About MUSLIM

Loading Facebook Comments ...

133 comments

  1. Gurun Suganda

    Buat yang GOBLOK……….!!!!
    Bukan alkoholnya yang diharamin, tapi Khamar ( Minuman yang ber’alkohol ) Jangan jadi orang bodo. Diem lo kalo ga tau apa” tentang Islam.

    • suka banget sama komen ini :)

    • Gurun Suganda anjing yang TOLOL, gak tau apa artinya minuman yang mengandung ALKOHOL dan ALKOHOL itu sendiri ya itu SEMUA HARAM dan DILARANG ……ya, dilarang oleh AGAMA …. lucunya kaum KRISTENEN, bible nya bilang DILARANG minum alkohol atau minuman yang berakohol, eh malah para PASTOR nya minum anggur merah yang katanya symbol darahnya yesus ……. GAK ada lKOGIKA nya …….., dalam bible nya dilarang …. LUCU yah !

      Pantesan sesudah MISA pada NGEMBATIN pantat para pemuda pembantu misa gereja , kenapa …. karena PASTOR nya pada MABOK !

      Lha yang ini baru yang namanya GUOBLOK koma TOLOL ajaran Krintenen …..,

  2. jgn pake pemikiran dangkal y bung
    biar tau kau..alkohol bukan 100% dari anggur
    kalo emng banr kyk yg kau bilang
    knpa Tuhanmu mennciptakan anggur?
    knpa di kitabmu dibilang di An Naba’ 32 tempat kemenangan itu ialah: “Taman-taman dan anggur-anggur.” (ayat 32). Kebun-kebun yang subur, penuh dengan tumbuh-tumbuhan, kembang-kembang berbagai warna disertai buah-buahan yang lazat citarasanya adalah tempat nikmat itu. Dan di antara buah-buahan yang banyak berbagai ragam, ada satu yang istimewa, yaitu anggur-anggur. Karena anggur itu kecil mungil dan bijinya tidak mengganggu.
    mikir kalo mau mengkritik!

    • Allah menciptakan tanaman dan buah anggur untuk dinikmati manusia. Apalagi disebut dalam Qur’an, tentu buah anggur sanagt berkhasiat sebagai makanan yang halal dan sehat.

      buah Anggur berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dll.

      Tapi apabila buah anggur itu diproses menjadi minuman yang memabukkan. ini yang tidak boleh dalam Islam!

    • @yeah
      kenapa tuhan menciptakan anggur?
      ya.. untuk di makan lah, tapi bukan untuk dibuat minuman keras.
      yang diharamkan itu bukan anggurnya tapi minuman yang memabukkan… paham?
      kau baca ndak…
      kau mau mati nelen anggur banyak” juga silahkan… tapi jangan salahkan aku klo dah mati..

      • okeh
        kalo gtu..sblm mkengkritik Tuhan kami dan mencoba mengukurNya dengan akal dangkal kalian..
        aku kasih penjelasan ilmiahnya
        anggur itu..kalo udh diolah..dibikin jadi air anggur..enggak langsung jadi alkohol y bego
        kalo mau bikin anggur jadi minuman yang memabukkan..itu harus difermentasi dulu..
        dan waktu fermentasi itu makan waktu lebih dr 3 hari dan suhu di bawah 20 derajat celicus
        itu pun harus pake alat untuk memfermentasinya

        kalu baca dulu kitab yohanes itu skali lagi
        ada kau tengok di kitab kami itu dibilang air yang diubah jadi anggur difermentasikan dulu baru dikasih minum ke orng2?
        gk ada kan?
        saat itu situasi genting..orng udh kehabisan minum
        gk mgkn la itu anggurnya disimpan dan difermentasikan dulu
        lagian di situ dibilang stlh air diubahNya jadi anggur..air anggur itu langsung dikasih ke pemilik pesta
        itu hanya berupa air anggur murni..
        air anggur murni nggak memabukkan

        lagian kalo mau bikin minuman memabukkan..gk harus dr anggur
        dr pisang dan apel pun bisa..tp ttp hrs difermen dulu
        makanya kalian bnyk baca buku..bnyk bergaul sama anak pertanian
        biar gk dangkal kali otak yang nulis artikel ini

        • @ yeah,

          Masalah kata “anggur” yang tercatat dalam PB versi-versi bahasa Indonesia telah menimbulkan banyak kerancuan, saya untuk mendapat pengertian yang benar saya kira tidak perlu melibatkan anak pertanian sebaiknya anda meninjaunya dari bahasa original PB yang menurut sebagian besar rekan christians ditulis oleh para pengarangya dalam Greek bukan dalam bahasa Indonesia yang saat itu belum ada.

          Anggur adalah bahasa Indonesia yang bisa berarti buah anggur atau minuman beralkohol.

          Dalam Greek (Septuagint)

          Anggur minuman yang membuat mabuk (wine) dalam greek οινον -oinon

          bible Kej. 9:21και επιεν εκ του οινου και εμεθυσθη και εγυμνωθη εν τω οικω αυτου

          kai epien ek tou OINOU kai emethusthe kai egumnothe en to oiko autou

          Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya.

          Genesis 19:35 εποτισαν δε και εν τη νυκτι εκεινη τον πατερα αυτων οινον και εισελθουσα η νεωτερα εκοιμηθη μετα του πατρος αυτης και ουκ ηδει εν τω κοιμηθηναι αυτην και αναστηναι

          epotisan de kai en te nukti ekeine ton patera auton OINON kai eiselthousa e neotera ekoimethe meta tou patros autes kai ouk edei en to koimethenai auten kai anastenai

          Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.

          Anggur – buah (grape) dalam greek σταφύλι – staphuli

          Genesis 40:10 εν δε τη αμπελω τρεις πυθμενες και αυτη θαλλουσα ανενηνοχυια βλαστους πεπειροι οι βοτρυες σταφυλης

          en de te ampelo treis puthmenes kai aute thangousa anenenochuia blastous pepeiroi oi botrues STAPHULES

          Pohon anggur itu ada tiga carangnya dan baru saja pohon itu bertunas, bunganya sudah keluar dan tandan-tandannya penuh buah anggur yang ranum.

          Anggur – air anggur/ juice/ minuman dari anggur yang baru difermentasi – γλευκος – gleukos

          Acts 2:13 ετεροι δε χλευαζοντες ελεγον οτι γλευκους μεμεστωμενοι εισιν
          eteroi de diachleuazontes elegon oti gleukous memestomenoi eisin

          2:13 Tetapi orang lain menyindir: “Mereka sedang mabuk oleh anggur manis.”

          So, sekarang anggur mana yang yang menurut bible Jesus telah membuatnya dari air?

          John 2:9 ως δε εγευσατο ο αρχιτρικλινος το υδωρ οινον γεγενημενον και ουκ ηδει ποθεν εστιν οι δε διακονοι ηδεισαν οι ηντληκοτες το υδωρ φωνει τον νυμφιον ο αρχιτρικλινος

          os de egeusato o architriklinos to udor OINON gegenemenon kai ouk edei pothen estin oi de diakonoi edeisan oi entlekotes to udor phonei ton numphion o architriklinos

          2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu–dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya–ia memanggil mempelai laki-laki,

          Ternyata menurut bible Jesus memang telah membuat wine sampai ber tong-tong, cukup untuk membuat semua pengunjung pesta minum wine sampai puas.

          coba anda check versi Inggris

          When the ruler of the feast had tasted the water that was made WINE, and knew not whence it was: (but the servants which drew the water knew;) the governor of the feast called the bridegroom, (KJV)

        • yang haram itu minuman anggur (wine), bukan buah anggur (grape).gitu aja kok ga paham, ngalor ngidul sok ilmiah, tp malah lucu.

    • capek ah ngejelasin sama orng yg pikiriannya cetek
      yg jelas..kalo mau ada alkohol..harus difermen! bukan lgsg jadi kyk yg kau tuduhkan ke Tuhan!

      • @ivana
        berarti yang diminum yesus bukan minuman yang memabukan kan?
        lalu kenapa yang kalian minum itu minuman yang memabukan?
        kenapa kalian membolehkan?

        • bukan. air yang diubah Tuhan Yesus itu air anggur murni. jus anggur

          kalo masalah itu..jgn sangkutpautkan ke agama dan ajaran agama
          tapi ke pribadi orngnya
          aku gk minum alkohol kok
          di agamamu dilarang minum alkohol
          tp ttp ada kan yg meminum dan membolehkan kan?
          berarti itu krn pribadi orngnya
          bukan krn ajaran agama
          lain kali tuh dibuka pikirannya biar lebar! o.O

        • @ivana
          ================
          kalo masalah itu..jgn sangkutpautkan ke agama dan ajaran agama
          tapi ke pribadi orngnya
          aku gk minum alkohol kok
          di agamamu dilarang minum alkohol
          tp ttp ada kan yg meminum dan membolehkan kan?
          berarti itu krn pribadi orngnya
          bukan krn ajaran agama
          lain kali tuh dibuka pikirannya biar lebar! o.O
          =================
          nah… berarti setuju dong dengan pandangan islam, melarang meminum minuman yang memabukkan…

          tapi kenapa ada ayat ini?
          Amsal 31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
          31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.
          Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

          nah… anggur adalah pencemooh, apa maksudnya?

        • emng saya ada bilang gk setuju dgn larangan agamamu?

          bukan mau ngejek
          sejujurnya..ciri khas kalian itu
          tiap mau nanya..pasti niatnya mau mencobai

          okeh..dengan hikmat Tuhan..aku jawab deh
          kalo mau mengerti ajaran kami
          jangan pernah sekalipun menggunakan akal jasmani

          ada ayat ini
          bukan berarti nyuruh mabuk
          ada maksud tersembunyi dibalik firman ini
          kalo mau tau maksudnya..harus punya hikmat
          krn Tuhan suka memakai kiasan dan perumpamaan utk mengajari
          Buku Amsal adalah suatu kumpulan ajaran tentang cara hidup yang baik. Ajaran-ajaran itu diungkapkan dalam bentuk petuah, peribahasa dan pepatah
          satu lagi..jangan pernah baca alkitab kami sepotong2..krn kalian gk bakal ngerti

          kau la dulu
          pake otakmu di ayat hosea itu
          kalo kau pake logika..yg dibilang emng gk masuk akal
          masa air itu menghilangkan daya pikir?
          tp bukan itu maksud Tuhan di sini

          Mustahil penulis yang diilhamkan bermaksud membenarkan atau memerintahkan orang untuk mabuk sebagai upaya melupakan kesulitan-kesulitan hidup menjelang kematian. Jawaban Allah bagi penderitaan ialah berbalik kepada Dia di dalam doa, bukan minuman yang memabukkan

          1) Kata-kata ini boleh dipandang sebagai ungkapan ejekan bahwa minuman memabukkan adalah bagi mereka yang sudah menghancurkan hidup mereka dan tanpa harapan lagi, berbeda dengan raja dan pemimpin bijaksana yang harus berpantang sama sekali (ayat Ams 31:6-7).

          2) Ayat Ams 31:8-9 menyusul dengan tindakan yang patut diambil terhadap mereka yang menderita karena haknya dilanggar (bd. ayat Ams 31:5): orang benar harus membela hak-hak orang tertindas. Menganjurkan kemabukan untuk menolong mereka melupakan kesukaran mereka tidak akan menyelesaikan persoalan, tetapi hanya menciptakan yang baru. Berusaha mengurangi persoalan dengan menjadi mabuk mungkin merupakan cara dunia tetapi bukan cara Allah.

        • emng aku ada bilang aku gk setuju?

          dua yang mau aku bilang
          1. Jangan pernah sepotong2 baca alkitab kami. krn kau gk bakal ngerti
          2. jangan pernah SEKALIPUN coba2 mengerti firman menggunakan logika
          akal jasmani manusia sampe kapapanpun..gk bisa bakal setara dengan akal Tuhan
          kl mau ngerti firman..minta hikmat dulu
          krn itu kalian gk ngerti firman kami
          krn Tuhan kami..firmanNya..ajaranNya..bukan ajaran yang maksud2nya secetek akal manusia

          mana duluan yg mau dijawab? yang hosea atau yang di amsal?

        • itu yg amsal udh dijawab

        • tambahan :
          ini 1 ayat lagi
          Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.

  3. non ivana,

    Sebenarnya yang menarik itu adalah ketika minum minuman ber alkohol telah menjadi tradisi atau budaya di komunitas atau masyarakat, dan ajaran suatu agama tidak mampu mencegahnya apalagi mengkoreksinya…….bagaimana pendapat anda ??

    • @ivana
      ==============
      dua yang mau aku bilang
      1. Jangan pernah sepotong2 baca alkitab kami. krn kau gk bakal ngerti
      2. jangan pernah SEKALIPUN coba2 mengerti firman menggunakan logika
      ==============
      kalo yang no 1 saya setuju, tapi kalo yang no 2 saya kurang setuju,
      soalnya anda sendiri menjelaskan dengan logika,
      anda menjelaskan dengan logika, tapi anda menyuruh saya tidak menggunakan logika, gimana sih…
      .
      ni buktinya anda menjelaskan dengan logika
      ============
      Mustahil penulis yang diilhamkan bermaksud membenarkan atau memerintahkan orang untuk mabuk sebagai upaya melupakan kesulitan-kesulitan hidup menjelang kematian. Jawaban Allah bagi penderitaan ialah berbalik kepada Dia di dalam doa, bukan minuman yang memabukkan
      ============
      kata “mustahil” itu kan berasal dari otak anda yang berfikir “sesuatu” itu salah…
      nah berarti disini anda juga sudah menggunakan logika anda.
      .
      berarti kita berdua masih tidak paham dong maksudnya…

      • berarti kau gk ngeri maksud tulisan

        1) Kata-kata ini boleh dipandang sebagai ungkapan EJEKAN bahwa minuman memabukkan adalah bagi mereka yang sudah menghancurkan hidup mereka dan tanpa harapan lagi, berbeda dengan raja dan pemimpin bijaksana yang harus berpantang sama sekali (ayat Ams 31:6-7).

        2) Ayat Ams 31:8-9 menyusul dengan tindakan yang patut diambil terhadap mereka yang menderita karena haknya dilanggar (bd. ayat Ams 31:5): orang benar harus membela hak-hak orang tertindas. Menganjurkan kemabukan untuk menolong mereka melupakan kesukaran mereka tidak akan menyelesaikan persoalan, tetapi hanya menciptakan yang baru. mengurangi persoalan dengan menjadi mabuk mungkin merupakan cara dunia tetapi bukan cara Allah.

        ITU AJA!

        maksud aku jangan pake logika manusia..karena yang mau kita ngertiin bukan manusia!
        tapi pake logika Tuhan! Kl mau pake logika Tuhan..jgn sekali2 menyamakan cara berpikir Tuhan dengan cara berpikir manusia! Haih!

        • Waduh …. disini ternyata muncul lagi satu kristener yg punya logika Tuhan. Hebat !
          Logika manusia 1+1+1 saja dah gak mampu mikir apalagi logika Tuhan.

        • lho bukannya kitab perjanjian lama sudah enggak berlaku lagi buat umat kristen setelah yesus disalib, lantas buat apa kitab perjanjian lama loe pelajari jika enggak bakalan loe laksanakan…

          gitu azza kok repot…..

        • kalo gk ngerti ajaran sebrang..nggak ush kepo deh kasih komentar..
          udh salah..di depan umum pula!
          siapa yang bilang gtu? tunjukkan samaku ayatnya!

          aku bukan bilang aku punya logika Tuhan dan jadi sama pinternya dengan Tuhan
          kalo aku sama pinternya dengan Tuhanku..aku gk bakal mau sembah Dia
          tapi aku minta hikmat dr Tuhan biar aku punya gambaran dan ngerti sdkt dr caraNya berpikir
          berbicara seperti caraNya berbicara..bertindak seperti caraNya bertindak..berpikir seperti caraNya berpikir
          soalnya Tuhanku bukan Tuhan yg egois..bukan Tuhan yang pelit

        • @ivana
          ====================
          kalo aku sama pinternya dengan Tuhanku..aku gk bakal mau sembah Dia
          ====================
          nah… tertangkap basah…

          kalo Yesus adalah Tuhan kenapa dia masih memohon kepada Tuhan?

  4. mbak ivana…..

    omong-omong mengenai logika niy…..logikanya ajaran suatu agama adalah untuk di implementasikan ke dalam hidup sehari-hari dan menjadi pedoman atau tuntunan hidup….kira-kira gitu ya ?

    Saya ada bertanya pada mbak, tapi belum mbak jawab.

    Jika, minum minuman ber alkohol telah membudaya pada suatu masyarakat dimana pada masyarakat itu ajaran agamanya melarang tapi pada akhirnya, budaya itu meng ‘kesampingkan’ ajaran agama dan pemuka-pemuka agamapun gak kuasa untuk merubahnya, malah larut didalamnya…..bagaimana menurut pendapat mbak, apa arti ajaran agama itu sebenarnya jika tidak untuk di terapkan ?

    • numpang lewat : apanya sih yang tertangkap basah?
      buat kami..Yesus itu Tuhan
      tp knpa Dia manggil Tuhan seolah-olah Dia bukan Tuhan..ada penjelasannya kok
      aku bisa jelasin..tp kamu harus punya hikmat biar ngerti

      sejujurnya pertanyaan kamu itu pertanyaan yang agak gimanaaaaaaa gitu
      gini deh..coba saya balikkan pertanyaan itu untuk kamu
      aku mau dengar jawaban kamu duluan
      karena agama kamu dan ajaran Tuhanku sama2 mengajarkan biar gak mabuk2an tapi pada kenyataannya bnyk juga orng2 yang mengesampingkan ajaran agamamu dan ajaran Tuhanku utk mabuk

      • [[tp knpa Dia manggil Tuhan seolah-olah Dia bukan Tuhan..ada penjelasannya kok aku bisa jelasin..tp kamu harus punya hikmat biar ngerti]]
        owh… harus punya hikmat… hebat dung… logika aja blom bener dah ngaku-ngaku punya hikmat.

        [[gini deh..coba saya balikkan pertanyaan itu untuk kamu]]
        ckckckck…
        kami jelas-jelas “tidak” menuhankan yesus atau muhammad,
        jadi pertanyaan itu hanya khusus untuk orang yang menuhankan yesus.

        [[karena agama kamu dan ajaran Tuhanku sama2 mengajarkan biar gak mabuk2an tapi pada kenyataannya bnyk juga orng2 yang mengesampingkan ajaran agamamu dan ajaran Tuhanku utk mabuk]]

        pertanyaannya apa?
        kalo islam jawabannya jelas bagi yang melanggar perintah(aturan) mendapat dosa… bagi yang tidak melanggar tidak berdosa…
        kalo kristen mau melanggar atau gx gx masalah, soalnya dosa sudah ditebus atau sudah diampuni oleh orang-orang yang “berwenang”,
        jadi menurut kristen hukum itu dibuat untuk dilanggar kalo dah dilanggar baru diampuni

      • Lagi nunggu jawaban mbak ivana yg punya “logika tuhan”.

        [[[ tp knpa Dia manggil Tuhan seolah-olah Dia bukan Tuhan..ada penjelasannya kok
        aku bisa jelasin..tp kamu harus punya hikmat biar ngerti ]]]

        Wow … utk bisa ngerti harus punya hikmat tho ?
        Kor
        1:25 Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia.
        1:26 Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
        1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

        Trus gimana tuh ayat maunya ?
        – bodoh => punya hikmat
        – yg berhikmat dipermalukan yg bodoh

        Mumet tho bibelnya paulus ini ?

        • numpang lewat : iyah gue emng punya hikmat
          soalnya Tuhan gue bukan Tuhan yang egois..bukan Tuhan yang pelit
          Dia Bapa yang mau dekat dengan kami..anak2Nya
          sedekat itu hubungan kami sama Dia..sedekat sahabat..sedekat hubungan ayah dengan anak
          jd emng bener..aku bisa minta hikmat sama Dia dan aku punya hikmat
          tapi aku gak mau gunain hikmat biar gue eksis..biar la itu semua untuk kemuliaan nama Bapa gue
          satu lg..bukan gue yg hebat kalo aku pny hikmat
          tp Bapa gue..
          wajar kalo lo bilang logika gue aja blm bener..
          krn logika gue emng beda dgn logika lo
          gue memenuhi permintaan Bapa gue..supaya logika gue gk sama dengan logika orng2 dunia
          dan gue jg gk perlu marah kl lo ngatain logika gue gk bener..krn emng hanya orng2 yg mau dekat dengan Bapa gue yang bakal punya hikmat yang sama dengan gue :D :D

          bukan seperti itu juga
          Bapa gue bukan Bapa yang lembek..bukan Bapa yang gk adil
          Dia ada ngelarang kok biar kami jangan mabuk2an..
          ttp ada hukuman kok..ttp ada neraka
          dan bukan oleh orng2 yg berwenang..tp oleh Bapa gue sendiri
          tp kl lo mau ngerti Dia..hukuman2Nya..pengampunan dosa..seperti gue bilang td..emng hny orng2 yg mau dekat dgn Bapa gue yang bakal punya hikmat buat kenal Dia..
          jd wajar kl lo menghakimi kyk gtu
          lo gk mau dekat dengan Dia = lo gk pny hikmat dr Dia = lo gak kenal Dia
          sesimpel itu aja kok :D :D

          judaspriest : emng harus pny hikmat..krn yang mau kita ngertiin bukan sesuatu yang berasal dari dunia :D :D
          gue ngerti kok arti dan maksud ayat yang itu
          tapi penjelasannya agak panjang..
          lo ttp mau baca gk kl penjelasannya panjang?

        • judaspriest : gue mau nanya..
          lo nanya itu krn emng mau tau jawabannya atau cuma mau mencobai gue dan ttp nyari2 kesalahan ajaran Tuhan gue yg sbnrnya gk ada?
          kalo lo cuma mau mencobai gue..gue gak punya waktu dengan itu
          soalnya kata Bapa gue sama gue..jgn berdiskusi sama orng bebal dan pencemooh..
          bakal sia2..

        • Ivana bilang…Bapa gue bukan Bapa yang lembek..bukan Bapa yang gk adil
          Dia ada ngelarang kok biar kami jangan mabuk2an..
          ttp ada hukuman kok..ttp ada neraka
          ===========
          Ooooh masih percaya tho sama neraka, bukannya kalian bakal masuk surga semua??? Ntar temen-temen si mbak ini bakal marah lho klo nyebut nyebut neraka karena temen temen si mbak percaya bahwa kalian pasti bakal masuk surga….coba kompromi dulu gih mbak sama temen-temennya, jangan yg satu ngomong gini si mbak ngomong gitu…kan gak klop, diketawai pembaca lho

        • [[[ judaspriest : gue mau nanya..
          lo nanya itu krn emng mau tau jawabannya atau cuma mau mencobai gue dan ttp nyari2 kesalahan ajaran Tuhan gue yg sbnrnya gk ada?
          kalo lo cuma mau mencobai gue..gue gak punya waktu dengan itu
          soalnya kata Bapa gue sama gue..jgn berdiskusi sama orng bebal dan pencemooh..
          bakal sia2..]]]

          Sampeyan khan punya “logika Tuhan”
          Ini buktinya : yg nulis sampeyan sendiri lho
          – jangan pernah SEKALIPUN coba2 mengerti firman menggunakan logika akal jasmani manusia sampe kapapanpun..
          – okeh..dengan hikmat Tuhan..aku jawab deh
          kalo mau mengerti ajaran kami. jangan pernah sekalipun menggunakan akal jasmani
          – krn Tuhan kami..firmanNya..ajaranNya..bukan ajaran yang maksud2nya secetek akal manusia.

          Kita ini diberi anugerah berupa akal dan daya pikir. Tuhan menyampaikan firman/perintahnya melalui para nabi , dimana nabi2 tsb bertugas untuk mengajarkan kepada manusia sesuai kemampuan nalar manusia tsb.
          Analoginya : seorang pawang hewan akan berusaha mengajari hewan menggunakan kode/tanda/bunyi/gerakan yg mampu untuk dimengerti oleh hewan bersangkutan.
          Alangkah bodohnya seorang pawang mengajari hewan dgn memakai buku , LKS atau rumus2, sedangkan sarana tsb sama sekali gak mungkin dimengerti oleh hewan.
          Begitu juga dengan Allah/Tuhan yg tahu betul makhluknya bernama manusia itu memiliki akal dan daya berpikir sampai seberapa. Sehingga firman/wahyu -Nya disesuaikan agar dapat dimengerti oleh manusia.
          bahkan yesus sendiripun menyinggung hal ini dalam :
          Mat
          22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap AKAL BUDIMU.

          Al Qur’an banyak menyinggung hal ini :
          QS 2:269 …Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).
          QS 3:190 Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
          QS 5:100 Katakanlah: “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan.”
          dan masih banyak lagi.

      • Ivana bilang…sejujurnya pertanyaan kamu itu pertanyaan yang agak gimanaaaaaaa gitu….
        ============
        Emangnya gimanaaaaanya gimanaaaa mbak ivAAAnAAA???
        Emangnya mbak ivana baru tau ya kalo tuhannya si mbak ntuh berdoa sama tuhan???

        • @ivana
          [[[aku bukan bilang aku punya logika Tuhan dan jadi sama pinternya dengan Tuhan
          kalo aku sama pinternya dengan Tuhanku..aku gk bakal mau sembah Dia]]]

          ============
          mei2 on Januari 10, 2013 at 12:26 pm said:

          Sebetulnya ucapan Yesus saat disalib yang mengatakan “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? sudah merupakan bukti nyata bahwa Yesus bukan Tuhan/Allah:

          “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Matius 27:46)?

          Kalau kita berpikir dengan akal sehat, tidak mungkin Tuhan/Allah mengucapkan kalimat “Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?”

          ============
          http://forum.muslim-menjawab.com/2012/10/23/gara-gara-semakin-sepi-dan-banyak-yang-murtadgereja-mau-dijadikan-masjid/comment-page-2/#comment-66211

          mba ivana anda juga pasti punya pikiran yang sehat, sehingga anda mengatakan :
          [[[kalo aku sama pinternya dengan Tuhanku..aku gk bakal mau sembah Dia]]]
          jangan anda tutup-tutupi akal sehat anda itu dengan kebohongan, semakin banyak anda berbohong semakin jauhlah anda dari kebenaran.

      • maksudnya hikmat itu , diantaranya adalah supaya manusia menerima bahwa 1 + 1 + 1 = 1 gitu kan mbak … ? :)

        sehingga supaya seseorang mau menyembah tuhan yg perlu dilahirkan, disusuin, kalo ngompol dipopokin ibunya/istrinya itu kan …. ? btw, itu ibu / istrinya sih …

        Yunus
        100. Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

      • @ivana :
        ..tp kamu harus punya hikmat biar ngerti..
        ===
        ….hikmat itu artinya apaan sih?…itu kata serapan dr bhs arab loh…..:D:D:D

  5. @ivana
    =========
    numpang lewat : iyah gue emng punya hikmat
    soalnya Tuhan gue bukan Tuhan yang egois..bukan Tuhan yang pelit
    Dia Bapa yang mau dekat dengan kami..anak2Nya
    sedekat itu hubungan kami sama Dia..sedekat sahabat..sedekat hubungan ayah dengan anak
    jd emng bener..aku bisa minta hikmat sama Dia dan aku punya hikmat
    tapi aku gak mau gunain hikmat biar gue eksis..biar la itu semua untuk kemuliaan nama Bapa gue
    satu lg..bukan gue yg hebat kalo aku pny hikmat
    tp Bapa gue..
    wajar kalo lo bilang logika gue aja blm bener..
    krn logika gue emng beda dgn logika lo
    gue memenuhi permintaan Bapa gue..supaya logika gue gk sama dengan logika orng2 dunia
    dan gue jg gk perlu marah kl lo ngatain logika gue gk bener..krn emng hanya orng2 yg mau dekat dengan Bapa gue yang bakal punya hikmat yang sama dengan gue :D :D
    =========
    cie… cie… cie… promosi nih ye… nih ku bantu promosi lagi… :D :D
    eh… bapak-bapak… ibu-ibu… yang mau ikut belajar “ilmu hikmat gx pake logika” sini sama non ivana aje, gratis… :D :D
    die gx pake logika manusia, tapi logika alien… :D :D yang mao belajar logika alien sini aje gratis… buruan… siape cepat die dapat belajar logika alien gratis…
    pengelola tidak dipungut biaya… :D :D
    ingat – ingat…
    [[[lo gk mau dekat dengan Dia = lo gk pny hikmat dr Dia = lo gak kenal Dia]]]
    ——————————————————————————————————
    Bapa gue bukan Bapa yang lembek..bukan Bapa yang gk adil
    Dia ada ngelarang kok biar kami jangan mabuk2an..
    ttp ada hukuman kok..ttp ada neraka
    dan bukan oleh orng2 yg berwenang..tp oleh Bapa gue sendiri
    tp kl lo mau ngerti Dia..hukuman2Nya..pengampunan dosa..seperti gue bilang td..emng hny orng2 yg mau dekat dgn Bapa gue yang bakal punya hikmat buat kenal Dia..
    jd wajar kl lo menghakimi kyk gtu
    lo gk mau dekat dengan Dia = lo gk pny hikmat dr Dia = lo gak kenal Dia
    sesimpel itu aja kok :D :D
    ===============
    [[ttp ada hukuman kok..ttp ada neraka]]
    katanya “pasti masuk surga” kok ada neraka lagi… aneh… atut ah… hii… ceyem…

    [[dan bukan oleh orng2 yg berwenang..tp oleh Bapa gue sendiri
    tp kl lo mau ngerti Dia..hukuman2Nya..pengampunan dosa..seperti gue bilang td..]]
    owh… Bapa = Tuhan
    owh… jadi pendeta-pendeta yang mengampuni dosa itu adalah jelmaan Bapa(Tuhan)
    berapa banyak Bapa(Tuhan) kalo gitu !@#&*^!@&#%&*$% (gx masuk akal)

  6. @ivana
    judaspriest : gue mau nanya..
    lo nanya itu krn emng mau tau jawabannya atau cuma mau mencobai gue dan ttp nyari2 kesalahan ajaran Tuhan gue yg sbnrnya gk ada?
    kalo lo cuma mau mencobai gue..gue gak punya waktu dengan itu
    soalnya kata Bapa gue sama gue..jgn berdiskusi sama orng bebal dan pencemooh..
    bakal sia2..
    ———————————-
    maap… saya bantu bung judas, kalo ada yang salah silahkan dikoreksi.

    [[soalnya kata Bapa gue sama gue..jgn berdiskusi sama orng bebal dan pencemooh..]]
    Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT….
    anggur = pencemooh
    yang suka minum anggur itu siapa yah… :D :D hati-hati bergaul sama mereka mba ivana…
    Bapa anda sendiri menyarankan
    [[[soalnya kata Bapa gue sama gue..jgn berdiskusi sama orng bebal dan pencemooh..
    bakal sia2..]]]

  7. janganlah urusin agama orang,,
    tapi urusin agama mu sendiri..
    emang agama kalian disuruh ngepoin agama orang yah???
    hehehe:)

  8. Hanya yang maha kuasa yang tau akan segalanya…insya Allah kita semua umat bangsa Indonesia di beri petunjuk masing2 untuk hidup di jalan yang benar di alam dunia/fana/sementara ini….kita semua anak cucu Adam harus hidup rukun dan saling mengasihi dan welas asih…AL quran di turunkan untuk seluruh umat manusia di bumi hingga hari akhir…janganlah kita bertengkar dan berselisih sebab itulah tujuan setan/dajjal agar kita saling membenci dan saling memusuhi…masalah keyakinan masing2 itu persoalan setiap manusia dengan yang di atas…dan jika manusia itu sadar niscaya dia akan diberi petunjuk dan hidayah…semoga kita semua tetap di beri petunjuk dan kesabaran hingga akhir hidup kita masing2…amin yaa rabbal alamin…segala atas Allah sang maha seni atas segala yang ada di jagat raya ini….:)))

Tinggalkan Balasan