Senin , 24 November 2014
INFO
Home / BERITA / Berita / Munculnya Injil Kuno di Turki Mengguncang Dunia

Munculnya Injil Kuno di Turki Mengguncang Dunia

Naskah kuno berusia 1.500 tahun yang diyakini sebagai versi asli Injil Barnabas, terus mengundang perhatian dunia.

Naskah kuno tersebut ditulis dalam bahasa Aramaic yang diyakini sebagai bahasa yang dipakai Bunda Mariam, ibunda Yesus Kristus. Naskah itu ditulis dengan tinta emas dalam lembaran berbahan kulit.

Pada Februari lalu, Vatikan secara resmi telah meminta untuk melihat alkitab yang ditemukan Turki selama operasi penyelundupan pada tahun 2000.

Banyaknya pihak yang merasa berkepentingan membuat nilai naskah itu meroket. Media Inggris Daily Mail menaksir harga manuskrip itu bisa mencapai 14-28 juta dolar AS. Salinan fotokopi per lembarnya saja bisa dihargai hingga 1,5 juta dolar AS.

Laporan sebuah majalah online Y-Jesus yang berbasis di Amerika Serikat dalam analisisnya mengenai Injil Barnabas mengungkapkan, teks dokumen secara efektif menyangkal keilahian Yesus dan menolak konsep trinitas, kepercayaan kristen yang mendefinisikan Allah dalam tiga pribadi, Bapa, Anak, dan Roh Kudus.

Laporan itu juga menyatakan dalam Injil Barnabas, Yudas Iskariot disebut sebagai orang yang mati disalib dan bukan Yesus. Sementara dalam Perjanjian Baru, Yudas disebut mengkhianati Yesus.

Pernyataan dari laporan kajian terhadap Injil Barnabas tersebut menantang pesan Kristen selama ini. Pesan selama ini, kematian Yesus dikatakan sebagai pengorbanan Juru Selamat bagi dosa-dosa Kristen dan kebangkitanya sebagai harapan kehidupan kekal. Pernyataan Injil Barnabas mendukung keyakinan Islam bahwa penyaliban Yesus tidak pernah terjadi.
St Barnabas secara tradisional diidentifikasikan sebagai pendiri Gereja Siprus. Ia adalah orang Kristen pertama yang dianggap sebagai rasul bagi umat Kristen.

Munculnya Injil Barnabas di Turki yang ternyata berbahasa Aramaic menjadi penting karena bisa jadi inilah kitab yang lebih tua dari dua kitab sebelumnya. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Ertugrul Gunay, juga percaya kalau kitab Bernabas asal Turki  ini adalah versi asli Injil Barnabas.

Militer Turki mengamankan secara ketat naskah kuno yang diklaim sebagai Injil Barnabas dari abad kelima masehi. Naskah itu dijaga dengan ketat agar tak lepas ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Media Iran Basij Press melansir, alasan di balik pengambilalihan naskah kuno oleh pihak militer itu dikarenakan adanya upaya dari kaum Zionis dan pemerintah negara-negara Barat untuk mensabotase isinya.

“Militer Turki mengambil alih kepemilikan naskah kuno itu karena Zinonis dan Barat berusaha memusnahkannya,” tulis surat kabar Iran itu seperti dilansir wnd.com.

Munculnya kitab kuno di Turki pada Februari 2012, yang diyakini sebagai Injil Barnabas, membuat perdebatan di dunia internasional makin panas. Namun, perdebatan masih berkutat soal klaim benar tidaknya kitab itu sebagai Injil Barnabas.

Ada tiga versi Injil Barnabas, yakni Injil Barnabas berbahasa Italia, Injil Barnabas berbahasa Spanyol, dan terakhir yang ditemukan di Turki. Manuskrip Injil Barnabas versi Spanyol hilang dari peredaran, namun sebagian teksnya muncul di transkrip pada abad ke-18.

Munculnya Injil Barnabas di Turki yang ternyata berbahasa Aramaic menjadi penting karena bisa jadi inilah kitab yang lebih tua dari dua kitab sebelumnya. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Ertugrul Gunay, juga percaya kalau kitab Bernabas asal Turki  ini adalah versi asli Injil Barnabas.

About MUSLIM

Loading Facebook Comments ...

127 comments

  1. dikoar-koar kalw dikritik? …… yang anda kemukakan itu hampir seluruhnya menghina ajaran kami ….. dan itu lebih dari kritik …. salah ataupun benar itu kami mempunyai tanggung jawab moral untuk membela …… kelihatannya ada banyak hal antara kita yang tidak nyambung ….. persoalan kritk seperti yang anda katakan itu sudah lewat batas ….. obsesi dengan protestan itu maksudnya ….. anda jangan samakan Khatolik dengan protestan ……

    yang kedua …. siapa pun saudara … saya tetap menganggap saudara saya ….. orang yang seperti saudara itu memang selalu ada dalam perjalanan agama katolik ….. entah itu suatu keharusan … atau memang mungkin ditakdirkan untuk ada …. dan ironisnya ….. dengan adanya saudara justru ada sisi posotifnya bagi kami …. dengan adanya kritik yang saudara maksud itu justru menambah iman kami …. jadi dari segi kami …. bisa saja anda tercipta untuk itu …….
    selanjutnya …. untuk sementara saya akan memfokuskan diri untuk ujian ….. tapi bukan berarti saya ngalah ……. dan satu yang perlu kita tahu, bahwa sehebat apapun debat kita tidak akan menemui titik terang …… dan kita tidak bisa membuktikan kebenaran secara sempurna ….. karna entah saudara terima ataupun tidak ….. yang namanya manusia tidak akan pernah benar secara sempurna ……. yang sempurna hanya Allah sendiri . …… dan hanya Dialah sumber segala kebenaran ….. ya ….. jalanilah sendiri ajaran masing-masing ….. urus diri sendiri …. tidak usah terlalu sibuk dengan ajaran orang ……. karna anda belum tentu benar …….. Dalam FFI itu hampir semua berisi kritikan terlebih dahulu terhadap kami ……. dan otomatis kami pasti membela …… termasuk dengan kembali mengoreksi tentang anda …….

  2. To. Andre

    Ajaran Kristen Protestan dan ajaran Kristen Katholik adalah satu sumber dari Paulus dkk. Namun Protestan tidak semuanya menerima apa yg diajarkan Katholik. Sehingga mereka memptotes dan memisahkan diri dg keyakinan yg berbeda dg Kristen Katholik. Sedangkan Kristen ortodoks yg minoritas didunia (saat ini masih ditemui di Rusia) adalah terpisah dari keduanya. (Selengkapnya andre bisa baca pada buku Salib di Bulan Sabit. Karya Gerald F Dirk. Mantan Pendeta Gereja Methodis di Amerika. Buku ini bagus untuk anda dan muslim).

    Andre anda benar.
    Manusia siapapun belum tentu benar . Karena kebenaran yg hakiki berada nanti setelah Hari Penghakiman atau kami menyebutnya Yaumil Hisab.

    Tetapai andre,… karena Tuhan itu satu, maka jalan kebenaran masuk Surgapun hanya satu.!

    Saya memahami kamu sibuk dg ujian. Karena itu saya doakan kamu “Semoga lulus dalam menghadapi ujian didunia ini.”

    Wasalam.

  3. thank …..saudara …… inilah akhir yang baik …… yang tidak semuanya bisa berakhir begini ….. tapi dengan adanya koreksi dari saudara ….. ada baiknya untuk kami refleksi ………..saudaraku ……. saya sendiri tidak bisa mengatakan saudara salah …. ada benarnya juga ….. saran saudara akan saya ikuti ….. trimah kasih

  4. To. Andre.

    Komentar andre:
    ((saudara ….. ada baiknya untuk kami refleksi ..saudaraku ……saya sendiri tidak bisa mengatakan saudara salah …. ada benarnya juga ….. saran saudara akan saya ikuti ….. trimah kasih – ))

    Komentar HS.
    Ya. Andre sama sama.
    Saya sendiri tidak bisa mengatakan saudara salah. Ada benarnya juga.
    Saran saya, kalau mau ujian A, baca dan pelajari sesuai yg dianjurkan guru/dosen yg mengajar A. Karena bila andre membacanya bukan buku yg dianjurkan guru/dosen ybs, maka andre ga akan lulus. Walau yg andre baca adalah pelajaran A, tapi beda Pengarang.

    Demikian juga bila menghadapi ujian hidup. Bacalah kitab yg benar benar dari Tuhan. Karena Tuhan itu Esa, maka kebenaran juga hanya Satu.
    Ciri atau tanda bahwa kitab itu benar adalah kitab yg mengajarkan Tuhan itu maha Satu. Hanya Satu.! Tidak pake : Satu, tetapi… atau Satu, adakalanya…. Satu ya Satu.
    Ini yg Utama dan ter Utama. Agar kita tidak terjerumus pada perbuatan syirik, menghujat Tuhan. Yg dosanya kekal. Didunia tidak diampuni, diakheratpun tidak.

    Semoga lulus ujiannya. Aamiin.
    Wasalam.

Tinggalkan Balasan