Selasa , 29 Juli 2014
INFO
Home / ISLAM / Al Qur'an / Inilah Bidadari Di Surga Menurut Al Quran

Inilah Bidadari Di Surga Menurut Al Quran

Oleh Gus Mendem

Sumber ajaran Islam, yaitu Al-Qur’an dan hadist banyak memuat penjelasan tentang kondisi di surga terkait dengan keberadaan bidadari ini. Beberapa hadist (sekurang-kurangnya melalui terjemahan Bahasa Inggeris atau Indonesia) memberikan gambaran tentang adanya hubungan seksual di surga, disamping adanya penjelasan Rasulullah tentang surga yang ‘tidak pernah terlihat oleh mata dan terpikirkan oleh pikiran’ –

Untuk itu, mari kita coba mencari tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita sendiri tentang bidadari di sorga melalui  informasi yang tersedia di dalam Al-Qur’an.

Dari terjemahan Al-Qur’an berbahasa Indonesia kita menemukan sekurang-kurangnya 8 kelompok ayat yang memuat kata tentang bidadari di surga. Dari 8 kelompok ayat tersebut hanya 3 ayat yang menyebut secara jelas tentang bidadari, yaitu kata ‘huurin ‘iin’: kadzaalika wazawwajnaahum bihuurin ‘iinin”

[44:54] demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.muttaki-iina ‘alaa sururin mashfuufatin wazawwajnaahum bihuurin ‘iinin”

[52:20] mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.Wahuurun ‘iinun, ka-amtsaali allu/lui almaknuuni 

[56:22] Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli,

[56:23] laksana mutiara yang tersimpan baik.

kata bidadari melalui kata ganti termuat dalam 5 kelompok ayat Al-Qur’an:

1wa’indahum qaasiraatu alththharfi ‘iinun, ka-annahunna baydhun maknuunun

[37:48] Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya,

[37:49] seakan-akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik.

wa’indahum = dan disisi merekaqaasiraatu = tidak liar pandanganatthafri = ujung/mata‘inun = mata2. wa’indahum qaasiraatu alththharfi atraabun

[38:52] Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.

wa’indahum = dan disisi mereka qaasiraatu = tidak liar pandangan atthafri = ujung/mata atraabun = sebaya3. fiihinna qaasiraatu alththharfi lam yathmitshunna insun qablahum walaa jaannun, ka-annahunna alyaaquutu waalmarjaanu

[55:56] Di dalam sorga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.

[55:58] Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.fiihinna = didalamnya mereka qaasiratu = pendek/menundukkan athafri = ujung/mata lamyathmitshunna = tidak/belum menyentuh mereka insun = manusia4. fiihinna khayraatun hisaanun, huurun maqshuuraatun fii alkhiyaami

[55:70] Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.

[55:72] (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah.fiihinna = di dalamnya mereka khayraatun = baik-baik hisaanun = bagus-bagus/cantik-cantik huurun = yang putih/jelita maqsuuraatun = tersimpan/terpingit filkhiyaami = dalam mahligai/rumah5. innaa ansya/naahunna insyaan, faja’alnaahunna abkaaraan, ‘uruban atraabaan

[56:35] Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung

[56:36] dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.

[56:37] penuh cinta lagi sebaya umurnya.inna = sesungguhnya Kami ansya’naahunna = Kami jadikan mereka insyaa’an = dengan kejadian faja’alnaahunna = maka kami jadikan mereka abkaaran = gadis-gadis perawan.

Dari kelima kelompok ayat tersebut hanya yang nomer 5 yang secara jelas menyebut objek yang dimaksud adalah berjenis kelamin wanita, sedangkan keempat ayat lainnya tidak secara jelas mengindikasikan apakah yang dimaksud adalah wanita atau bukan. Dalam terjemahan bahasa Indonesia kelompok ayat nomer 5 dibuat penjelasan dalam tanda kurung ‘bidadari’. Tafsir Jalalain juga memberikan penjelasan bahwa makhluk yang diciptakan tersebut adalah bidadari sekalipun Al-Qur’an tidak menyebut objeknya, dan kata ‘insyaa’an’ diartikan dengan kata ‘langsung’ yaitu yang diciptakan tanpa melalui proses kelahiran terlebih dahulu, sedangkan Tafsir Al-Mishbah tidak mengartikannya sebagai ‘bidadari’ dan tetap memakai kata ganti ‘mereka’, sedangkan kata ‘insyaa’an’ ditafsirkan dengan kata ‘sempurna’, sehingga bunyinya: ”Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan penciptaan sempurna.”, suatu penafsiran yang belum tentu berarti ‘diciptakan tanpa melalui proses kelahiran’.

Selanjutnya Ustadz Quraish Shihab menjelaskan kalimat ‘lagi sebaya umurnya’ dengan menyampaikan hadist diriwayatkan oleh at-Tirmidzi bahwa seorang wanita tua datang kepada Nabi Muhammad SAW memohon dido’akan agar masuk surga. Nabi menjawabnya dengan bersabda (dengan tujuan bergurau sambil mengajar):”Beritahu wanita itu, bahwa dia tidak akan memasukinya dalam keadaan tua. Sesungguhnya Allah berfirman (lalu beliau membacakan ayat-ayat diatas) . Hadist ini diriwayatkan juga oleh al-Baihaqi dan ath-Thabarani, namun oleh Ibnu Hajar dinilai merupakan hadist lemah.

Kalau kita merujuk kepada penjelasan ini maka ‘diduga keras’ wanita yang dimaksud QS[56:35-37] adalah manusia biasa yang mendapat anugerah surga dan bukan bidadari seperti yang dimaksud dengan kata ‘huurin ‘iin’ dalam QS[44:54], QS[52:20], QS[56:22].

Dalam keempat kelompok ayat yang lain, Al-Qur’an menyampaikan adanya ‘sesuatu’ di surga yang mempunyai ciri-ciri: punya pandangan yang tidak liar, jelita matanya ibarat telur burung unta, berumur sebaya, sopan dan selalu menundukkan pandangan, belum pernah disentuh manusia, seperti permata yakut dan marjan, yang cantik (atau bagus), putih dan tersimpan dalam mahligai.

Kita tentunya boleh saja mengartikan ciri-ciri ini secara fisik dan harfiah dan itu mempunyai ‘peluang besar’ menuju kepada sosok wanita. Namun tidak salah juga kalau beberapa ahli tafsir mengartikan ciri-ciri tersebut secara majaazi, bahwa maksud ‘pandangan tidak liar’ adalah ‘sesuatu’ tersebut punya perhatian hanya terbatas kepada pasangannya, pandangan yang terbuka lebar penuh perhatian, murni, tulus dan setia kepada pasangan, intinya betul-betul merupakan ‘sesuatu’ yang cocok di hati. Keempat kelompok ayat tersebut tidak menjelaskan apa jenis kelamin ‘sesuatu’ itu. Dan ternyata ini juga sejalan dengan pengertian kata ‘huurin ‘iin’.

Penjelasan ini juga tidak membatasi penafsiran bahwa yang dimaksud adalah ‘sesuatu’ yang diciptakan di surga atau merupakan manusia yang menjadi penghuni surga, baik laki-laki maupun perempuan.Tafsir al-Mishbah menjelaskan bahwa kata ‘hur’ adalah bentuk jamak dari kata ‘hauraa’ yang pertama menunjuk kepada jenis kelamin feminin dan yang kedua jenis maskulin. Ini berarti bahwa kata ‘hur’ adalah kata yang netral kelamin – bisa laki-laki dan bisa perempuan. Kata ‘hur’ sendiri menurut ar-Raghib al-Ashfahaani adalah tampak sedikit keputihan pada mata disela kehitamannya (dalam arti yang putih sangat putih dan yang hitam sangat hitam). Bisa juga ia berarti ‘bulat’, ada juga yang mengartikan ‘sipit’. Sedangkan kata ‘iin’ adalah jamak dari kata ‘aina’ dan ‘ain’ yang berarti’ bermata besar dan indah’.

Penjelasan kata ‘huurin ‘iin’ berdasarkan arti katanya ternyata sejalan dengan bunyi ayat lain tentang ‘sesuatu’ yang akan menjadi pasangan manusia yang masuk surga nantinya.Pertanyaan muncul dengan adanya ayat [52:20] ..dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli. Kata ‘dikawinkan’ berasal dari kata ‘zawwajnaahum’ tidak dipahami dalam arti mengawinkan. Ini bukan saja karena di akherat ini tidak ada lagi ‘taklif’ dan kewajiban syariat berupa akad nikah dan lain-lainnya, tetapi juga karena ayat diatas menggunakan idiom ‘bi’ ketika menggunakan kata ‘zawwaja’.

Biasanya kata mengawinkan diungkapkan tanpa menyertakan idiom ‘bi’ yakni ‘zawwaja fulanah’ atau dalam konteks ayat ini – jika yang dimaksud dengannya mengawinkan tentu redaksinya ‘zawwajnaahum Huur ‘in’ dan bukan ‘zawwajnaahum bihuurin ‘iinin. Kalau begitu maka arti kata ‘zawwajnaahum’ bisa kita artikan lebih luas dan tidak hanya terbatas pada hubungan perkawinan antara laki-laki dan wanita. Kata ini mungkin boleh diartikan dengan ‘dipasangkan’ yang punya arti luas.Sekarang kita coba mencari penjelasan Al-Qur’an tentang adanya hubungan antar penghuni surga, misalnya disampaikan dalam ayat ini:

[2:25] “Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”

Dalam tafsir Jalalain, Imam Jalaluddin al-Mahalli secara jelas mengartikan ‘azwaajun muthahharatun’ sebagai isteri-isteri yang disucikan, sedangkan dalam Tafsir Al-Mishbah, Ustadz Quarish Shihab mengartikannya dengan ‘pasangan-pasangan yang disucikan’, sekalipun dalam beberapa penjelasannya beliau menyinggung bahwa yang dimaksud pasangan itu adalah suami atau isteri. Kalimat ‘azwaajun muthahharatun’ terkait dengan surga ini juga diungkapkan dalam QS[3:15], QS[4:57]. Kata ’azwaajun’ juga dipakai dalam beberapa ayat Al-Qur’an yang merujuk kepada ‘istri’ antara lain pada ayat QS[2:232], QS[9:24], QS[24:6]. QS[64:14], QS[66:5], dst. Sedangkan kata yang sama dan diartikan ‘pasangan’ digunakan pada ayat: QS[78:8], QS[6:143], QS[35:11], QS[36:36], QS[38:58], kata ‘pasangan’ pada ayat terakhir tidak selalu diartikan sebagai suami atau istri, misalnya QS [6:143] ..(yaitu) delapan binatang yang berpasangan (tsamaaniyata azwaajin).

Berdasarkan beberapa penjelasan ayat Al-Qur’an diatas, marilah kita mencoba untuk ‘berandai-andai’ tentang surga.

Ternyata Al-Qur’an mengisyaratkan bahwa di surga, manusia yang jadi penghuninya mempunyai pasangan dan hal tersebut tidak selalu diartikan sebagai pasangan suami istri, dan yang dikatakan sebagai ‘bidadari’ itu ternyata tidak hanya terbatas pada pengertian pasangan wanita saja. Persoalan ini tidaklah aneh dalam sejarah penafsiran Al-Qur’an, karena sebagai firman Allah, kemampuan kita untuk menafsirkannya sangat terbatas. Ketika Allah menyampaikan hanya satu kata firman-Nya, kelihatan tidak cukup jutaan buku yang dibuat manusia untuk menjelaskan maknanya, Allah menyatakan:

[18:109] “Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”.

[31:27] “Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Maka ketika manusia berusaha menjelaskan kalimat-kalimat Allah, apalagi yang terkait dengan sesuatu yang (masih) ghaib, tidak akan habis-habisnya manusia memberikan penafsirannya, hebatnya seluruh penafsiran tersebut seolah-olah ‘tenggelam’ dalam kalimat-kalimat Allah tersebut.Di sisi lain, Al-Qur’an juga bisa berfungsi sebagai cermin bagi manusia, memantulkan apa yang ada dalam diri kita ketika berhadapan dengannya.

Pada mulanya Al-Qur’an diturunkan pada bangsa Arab dan para penafsir awal adalah kaum laki-laki dari bangsa tersebut, maka mereka yang memang terkenal punya karakter ‘manusia gurun yang perkasa’ terutama terkait dengan wanita, ayat tersebut ‘memantulkan’ karakter tersebut sehingga muncul penafsiran yang ‘berpihak’ kepada kaum lelaki yang menggambarkan wanita cantik, putih bersih, setia, tunduk, dan inilah penafsiran yang muncul bertahun-tahun sehingga membentuk ‘stereotip’ tentang surga yang dipenuhi bidadari. Tentu saja ini tidaklah salah karena seperti disebutkan sebelumnya, penafsiran ini seolah-olah ‘tenggelam’ di dalamnya dan artinya tetap bisa diterima.

Namun bagaimana kalau yang berhadapan dengan ayat tersebut adalah seorang wanita? Kita juga ‘mempersilahkan’ wanita tersebut ‘berandai-andai’ bahwa di surga nanti dia akan menemui pasangan, bisa seorang suami, bisa juga suaminya yang di dunia, bisa juga wanita lain sebagai sahabat ‘sejiwa’, teman terdekat yang tidak akan mengkhianati dan yang selalu mendampingi, tidak seperti pasangannya di dunia seperti kekasih, suami, sahabat yang (hampir dapat) dipastikan pernah berkhianat.

Misalkan seorang yang terobsesi untuk menjadi vokalis group heavy metal, namun sayang cita-citanya kandas karena umurnya sudah menjelang ’50-an dan group musik yang dibentuknya ketika remaja hancur berantakan akibat ketidak-kompakan. Apakah kira-kira yang akan dia khayalkan kalau nantinya dia bisa masuk surga? Sangat boleh jadi di surga nanti dia ingin menjadi vokalis dan rocker terkenal, seperti Ian Gillan ataupun Ronny james Dio. Dapatkah kita menebak siapa kira-kira yang akan menjadi ‘bidadari’nya? Maka yang akan menjadi ‘huurin ‘iin’ adalah teman satu group, bisa gitaris model Ritchie Blackmore atau Steve Morse atau drummer jagoan dari grup Deep Purple seperti Ian paice, dll. Temannya tersebut akan menjadi pasangan yang setia, group musiknya tidak bakalan bubar, anggota yang lain hanya punya perhatian dan pandangan terfokus padanya, itulah yang menjadi ‘bidadari’ miliknya di surga nanti, demikian pula dia terhadap sahabat-sahabatnya.

Atau katakanlah anda terobsesi menjadi pemain bola seperti David Beckham, maka yang menjadi ‘huurin ‘iin’ anda adalah pemain lain seperti Garry Neville atau Wayne Rooney serta punya ‘huurin ‘iin’ pelatih sehebat Sir Alex Ferguson. ‘Huurin ‘iin’ anda tersebut merupakan anggota se team anda yang selalu tahu dan mengerti apa maunya anda, mampu memberikan ‘umpan-umpan matang’ agar anda bisa beraksi.

Namun rasanya boleh-boleh saja jika anda adalah seorang yang punya ‘naluri edan’ model Kaisar Caligula, kaisar Romawi yang gemar mengoleksi perempuan sehingga singgasananya selalu dikelilingi puluhan wanita cantik dan seksi, maka ‘huurin ‘iin’ anda di surga ‘tidak akan jauh-jauh’ dari hal tersebut.

Kalaupun kemudian kita bertanya: ”Lalu, apa maksudnya Allah sengaja memberikan ‘sesuatu’ kelak di surga yang akan menjadi pasangan manusia penghuninya? Apa perlunya?”

Kita mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial karena tidak bakalan bisa hidup sendiri. Kelihatannya di surga nanti nalurinya sebagai makhluk sosial tidak akan berubah. Maka ketika kelak manusia bersosialisasi di surga dia akan berhadapan dan berinteraksi dengan makhluk-makhluk lain. Dengan menyampaikan adanya ‘huurin ‘iin’ ini, maka Allah – yang sangat mengerti tentang manusia – tidak hanya menyiapkan, makanan dan minuman dan tempat tinggal yang indah, tapi juga menyiapkan ‘masyarakat’ tempat para penghuninya bersosialisasi dan berinteraksi.Ternyata ‘bidadari’ di surga tidak harus perempuan, dan hubungan kita dengannya tidak harus berupa hubungan seksual. Apa yang kita tafsirkan dari penjelasan Al-Qur’an tentang itu merupakan ‘pantulan’ dari obsesi kita sendiri, Allah berfirman:

[43:71] “Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya”.

Semasa belajar mengaji di madrasah dulu, pak ustadz pernah mengatakan lebih kurang begini:

“Kelak, jika kalian beruntung masuk sorga, maka apa pun keinginan yang terlintas di benak kalian, niscaya akan segera dipenuhi oleh Allah, bahkan sebelum kalian sendiri sempat mengejapkan mata!”

—————————————————————————————————————————

Artinya, apa yang disediakan oleh Allah di sorga meliputi segala sesuatu yang diinginkan oleh setiap penghuni sorga sendiri. Jadi, apa pun wujud keinginan itu, menjadi sangat tergantung pada angan-angan seseorang. Boleh jadi itu mesum dan boleh jadi juga tidak. Tapi semua itu hanya dapat dibuktikannya sendiri jika dia sangat beruntung dan kelak diijinkan oleh Allah untuk masuk sorga!

—————————————————————————————————————————

Wallahualambissawab.

About MUSLIM

Loading Facebook Comments ...

506 comments

  1. @Guntur
    Mana nih jawabannya…. saya tunggu…? Gimana kondisi surga kang guntur…?

    • Ga bakalan dijawab bung. Soalnya sorga mereka cuma angan2 kosong :D

    • Kondisi sorganya guntur, ahmad, amber, atar cs itu ada perang2an. Malaikat berperang melawan naga, atar perang lawan ninja hatori, guntur lawan hercules, ambar lawan doraemon, ahmad jadi penonton. Dah mirip dongeng ya ada naganya. Naga identik dengan api, api identik dengan neraka :D

  2. copas berulang-ulang sih penyembah berhala pipis ini … :)

  3. Di sorga Kristian kok masih ada peperangan ya :

    Why. 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

    Oooh jadi sorga Kristian itu cuma dongeng toch.

    • Stain Remover

      @Mandra

      Dan jangan lupakan juga bahwa Sorganya mereka ada di Irak, hehehe :

      Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. (Kejadian 2 :10)

      Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia (Adam) : “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,(Kejadian 2 :14-15)

  4. benar-benar tidak ditemukan keadilan Allah yg Maha adil, di surga islami. kalo ada mohon tunjukan ayat quran sebagai janji allah , seperti kepada pria.

    • Kan udah di jelaskan zahra hadis dan ayatnya il…
      Lagian knp lu yg heboh,para wanita muslim aja tenang2,knp lu yg kebakaran jenggot…
      Lagian surga cmk ada buat laki2 dan wanita,buat banci kyk lu gk ada tempat…

      • @zahra

        sampeyan menyalahi sunnah nabi.
        Sejak kapan Muhammad mengijinkan dan menjanjikan wanita bersuami lebih dari satu?
        Pake milih lagi

        Tapi bagus juga pengakuan sampeyan, ternyata surga Muhammad tidak jauh dari selangkangan pria maupun wanita. Hehehehe

        • guntur

          saya yakin kamu bisa baca dengan baik alias gak buta aksara baca lagi tulisan saya di atas dengan baik? gak perlu saya jelaskan, karna tulisan saya suda jelas….

          gak perlu ada kebencian dalam hatimu saat memaknai kata2 kalimat kalimat tuhan yg mengajarkan kebenaran, jika sesuatu yg kamu anggap kurang berkenaan kamu tanya biar saya jelaskan…jika saya gak mampu jelaskan nanti saudara2 saya yg muslim bisa membantu…

    • mas, Allah pastinya maha adil, kenapa dalam surga islami, tidak memperlakukan wanita sama seperti pria???????? ada yg bisa jawab mas??? biarkan sumbernya dari Allah saja, kalau manusia masih banyak salahnya atau dosanya.

    • dibaca lagi mas link yg saya berikan….sangat mudah dipahami kok.

      • aku sdh baca mas haidir, tolong mas haidir ; datangkan satu ayat quran saja yg menjajikan wanita di surga , sama serti pria yg diberi bidadari cantik mas.

    • aku belum temukan ayat allah, yg menjajikan kesenangan yg sama kepada wanita sebagaiman pria yg telah disiapkan bidadari cantiq bermata jeli.

      sampai titik ini. Allah dalam surga islami tidak adil. ini berkontradiksi dengan pemahaman secara umum bahwa Allah pasti Maha adil. monggo

      • kan sudah saya bilang, anda jangan pisahkan antara Al Qur’an dan Hadits, kalau anda nggak terima penjelasan hadits, itu nggak masalah, karena anda bukan orang islam, jadi penafsirannya semau gue….padahal hadits pun (shahih) juga dari Allah…

        saya pikir semuanya sudah terang benderang,so up to you aja deh……

  5. kadir / ismail / atar , wah nyamar lagi … kangen dgn bung Haidar ya … :)
    dan sepertinya masih saja kebanyakan angan-angan ..

    hayo, dari kemarin belum dijawab , kenapa kamu menyembah berhala yang suka pipis … :)

    senang banget ni orang dgn tuhannya yg 100 % juga manusia … :)

  6. Heran, yg satu hobi meratapi tembok, yg satu hobi menyembah berhala pipis ..

    bisa kompak ya … :)

    dan katanya masuk surga semua … :)

  7. mas haidir, tolong buktikan mas, bahwa surga islami itu adil berdasarkan quran.

    • lho, Allah / al Qur’an gak adil … ?
      wah, masak sih .. dan keadilan itu harus sama rata ya ..

      lihat nih, kenapa bumi hanya mempunyai 1 bulan / satelit, mars tidak mempunyai satelit, jupiter satelitnya 2 , dst ..

      kenapa pohon jagung ada yg menghasilkan 2 tangkai jagung, ada yg 3, ada yg tidak ada …

      apakah Allah tidak adil … ?

      apakah kecenderungan wanita harus sama dgn kecenderungan laki-laki .. ?

      bukankan wanita itu berkecenderungan pada harta / perhiasan,
      dan laki-laki berkecenderungan pada wanita / perempuan ?

      dan muslim selalu berusaha menjawab setiap pertanyaan ..
      cuma kalo pertanyaannya guyon, ya dijawab guyon juga, gitu kan mas atar .. :)

      dan bukannya mas atar yg gak adil .. lihat nih ..

      ditanya ttg kenapa menyembah tuhan yg pipis , gak dijawab-jawab ..
      ditanya bung SR ttg rempah-rempah, gak dijawab ..
      dan setelah dijawab ttg surga oleh Muslim, eh, gak mau membicarakan ttg surga Kristen … :)

      ya kan …

      kan gak adil itu namanya … bermain balok dan selumbar … :)

      • @bung teas

        ntar paling-paling kalau diterusin,mbahas hukum waris yang menurut mereka nggak adil pembagiannya….

        ngakak.com bung …. :D

      • jangan berprasangka buruk dulu sama ambar/atar/ahmad/guntur/ atau siapapun itu. Mereka ga jwab bukan berarti ga mau bung, tapi emang ga ada. Sorga mereka kan cuma angan2 kosong :D
        Malaikat perang melawan naga. Naga identik dgn api. Lho..!! api kan gambaran neraka… itu sorga apa neraka ya? :D

  8. kasihan wanita hanya jadi penonoton, karena mas haidir sdh disiapkan bidadari cantiq bermata jeli di surga. mana letak keadilan surga islami???????????????????????

    • enggak tuh mas, semua ditakdirkan berpasang-pasangan kok, dipersilahkan saja jika mau memisahkan Al Qur’an dengan Hadits ,itu hak anda..

      wah anda rupanya nggak cerdas dalam menafsirkan kalimat saya diatas ( semoga kelak kami (suami istri berkumpul di surga)), atau mungkin anda belum menikah….

    • @Ismail
      Kang Ismail kalau wanita kristen di surganya yesus mereka dapat apa..?
      lalu anda yakin nggak bahwa surganya yesus ada…? karena beberapa kali saya nanya sama para sahabat yang pandai menghujat tapi tidak bisa memberikan penjelasan kondisi surganya yesus seperti apa…?

      • Dang ,
        Di surga kristen tidak ada acara kawin mawin ,
        Coba kamu pikir surgamu kok ada acara kawin/bersetubuh
        di dunia ini acara bersetubuh tujuannya adalah mulia yaitu untuk meneruskan keturunan lha disurga untuk apa , mau punya anak lagi kah trus apa bedanya dengan kehidupan di dunia ini.
        Dari kemarin kalian tidak bisa jelaskan apakah perempuan punya hak yang sama dengan pria di surga.

        • Sorga nya kristen adanya perang2an lawan naga. Hidup di dunia cuma perang, begitu di sorga masih juga perang. Kpan tenang n damainya? Dimana letak kedamaian itu? ga ada bedanya dong kalo hidup kekal di sorga tapi masih perang :D

        • mor ,
          Baca Alkitab jangan sepotong-sepotong
          Ini gambaran sorga yang ada di Wahyu 21 :
          21:1. Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.
          21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
          21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.
          21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”
          21:5 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.”
          21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
          21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.
          21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.”

          21:9. Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba.”
          21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.
          21:11 Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.
          21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
          21:13 Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.
          21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
          21:15 Dan ia, yang berkata-kata dengan aku, mempunyai suatu tongkat pengukur dari emas untuk mengukur kota itu serta pintu-pintu gerbangnya dan temboknya.
          21:16 Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.
          21:17 Lalu ia mengukur temboknya: seratus empat puluh empat hasta, menurut ukuran manusia, yang adalah juga ukuran malaikat.
          21:18 Tembok itu terbuat dari permata yaspis; dan kota itu sendiri dari emas tulen, bagaikan kaca murni.
          21:19 Dan dasar-dasar tembok kota itu dihiasi dengan segala jenis permata. Dasar yang pertama batu yaspis, dasar yang kedua batu nilam, dasar yang ketiga batu mirah, dasar yang keempat batu zamrud,
          21:20 dasar yang kelima batu unam, dasar yang keenam batu sardis, dasar yang ketujuh batu ratna cempaka, yang kedelapan batu beril, yang kesembilan batu krisolit, yang kesepuluh batu krisopras, yang kesebelas batu lazuardi dan yang kedua belas batu kecubung.
          21:21 Dan kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara dan jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening.
          21:22 Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.
          21:23 Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.
          21:24 Dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayanya dan raja-raja di bumi membawa kekayaan mereka kepadanya;
          21:25 dan pintu-pintu gerbangnya tidak akan ditutup pada siang hari, sebab malam tidak akan ada lagi di sana;
          21:26 dan kekayaan dan hormat bangsa-bangsa akan dibawa kepadanya.
          21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

        • @sent
          Disurga gk musti mikirin krja supaya dpt duit,semua udah tersedia tanpa kita minta,tanpa bekerja pn kita udah hidup senang,gk ada yg sakit di surga,gk bakaln jg ada yg mati di surga dll…
          Klw lu bilang surga sama dunia sama,otak lu besarnya seberapa ya…

        • fez
          Surgamu yang sama seperti dunia tidak jauh beda dengan tempat maaf, pelacuran, silahkan bantah dengan referensi, jangan asal ngomong.

        • @sant
          21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.
          #Dan siapakah nama yang tertulis itu?
          21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis NAMA KEDUA BELAS SUKU ISRAEL.
          #sayang banget ya sant, cuma tertulis nama kedua belas suku israel. Suku bangsamu ga tertulis di atas pintu gerbang. Maaf anda belum beruntung,,…coba lagi!! :D

        • @sant
          Surgamu yang sama seperti dunia tidak jauh beda dengan tempat maaf, pelacuran, silahkan bantah dengan referensi, jangan asal ngomong.
          ======================
          Jadi orang yg sudah dipasang2kan Allah sebagai suami-istri di sorga itu kau anggap pelacur ya? kasihan banget kamu sant….

        • mor ,
          sudah dikasih jelas , ngga mau juga baca
          21:24 Dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayanya dan raja-raja di bumi membawa kekayaan mereka kepadanya;

        • #sant
          Bagaimana dengan yg ini?
          Matius 15:24 : “Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”
          Matius 10:5 – 6 : “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”
          Apa ayat ini salah? yesus melarang murid2nya menyimpang ke jalan bangsa lain dan HANYA pada domba2 yg hilang dari BANI ISRAEL

        • santreplied:
          1 hour 52 minutes ago

          mor ,
          Baca Alkitab jangan sepotong-sepotong
          ================================

          wah wah wah jangan buka bukaan donk apa gak malu kamu posting tulisan2 ini?

          wahtu 12:7-8

          Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
          12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

          wahyu 12;12 Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu,

          sand jangan la kamu posting kata-kata yg akan bikin kamu malu hehehehe

        • sand
          Surgamu yang sama seperti dunia tidak jauh beda dengan tempat maaf, pelacuran, silahkan bantah dengan referensi, jangan asal ngomong.
          ————————————————————————————

          coba kamu definisikan kata pelacuran? menurutmu pelacuran itu seperti apa?
          apakah seperti “Ohola dan adiknya Oholiba.?”

          jawab sesuai kemampuanmu….

        • zara
          Kita sedang membicarakan surga jangan oot

        • Wahyu 12 1-6
          (1) Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
          (2) Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.
          (3) Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.
          (4) Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.
          (5) Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya.
          (6)Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

          Bias tolong ditafsir kan, karena kontradiktif dengan pernyataanmu bahwa di surganya orang Kristen tidak ada acara nikahan/ kawinan, tetapi kenapa ada orang yang hamil (lihat ayat yang saya postingkan diatas?..saya tunggu jawabannya…..

        • mas @haidar..
          surganya masih ada keluhan , penderitaan dan kesakitan ya..

          koq sama ama neraka ya bro…??

        • santreplied:
          44 minutes ago

          zara
          Kita sedang membicarakan surga jangan oot
          ====================================
          anda bisa baca postingan anda ini gak?

          Surgamu yang sama seperti dunia tidak jauh beda dengan tempat maaf, pelacuran, silahkan bantah dengan referensi, jangan asal ngomong
          ==================================================

          apakah salah saya memberikan tanggapan? seharusnya anda yg OOT…karna anda tak mampu menjawab…

        • @bung jack muslim
          ya begitulah :D
          saya bingung makanya saya nanya ma mr.sant . katanya nggak ada acara kawinan, kok ada wanita hamil dan menderita, bukankah mereka tinggal di surga?

        • dar,
          ayat nya mana,

        • oo, minta disuapin ya…baca lagi dong kitab wahyu 12 ayat 1-6

          dari ayat diatas, ada wanita hamil dan kesakitan, dari situ jelas muncul pertanyaan…
          1. bagaimana wanita tersebut bisa hamil (bukankah di surga tidak ada kawinan)
          2. Hidup di surga kok masih menderita kesakitan (kok hidup di surga menderita)?

          makanya saya minta (menafsirkan jangan sepotong-sepotong ) tafsirkan saja kitab wahyu 12 ayat 1-6…

          saya tunggu…

        • @sant
          Baca baik2 komentar dari bung mandra. nih aku copasin
          Why. 22:17: Roh dan PENGANTIN PEREMPUAN itu berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

        • @sent
          wahyu 12;(7) Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
          klw di surga aja ada perang buat apa msk surga,bagusan di dunia aja..
          pantesan pengikut paulus pada takut mati wlwpn udah di janjiin surga sama tuhannya,rupanya ada perang toh di surganya….

        • dar cs
          Lebih lengkapnya , Wahyu 12 : 1-17
          12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. 12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan. 12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota. 12:4 Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya. 12:5 Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki , yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya. 12:6 Perempuan itu lari 6 ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
          Naga dikalahkan

          12:7 Maka timbullah peperangan di sorga . Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.
          Nyanyian kemenangan
          12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: “Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita , yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. 12:12 Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat 10 , karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat.”
          Naga memburu perempuan itu
          12:13 Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu. 12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa. 12:15 Lalu ular itu menyemburkan dari mulutnya air, sebesar sungai, ke arah perempuan itu, supaya ia dihanyutkan sungai itu. 12:16 Tetapi bumi datang menolong perempuan itu. Ia membuka mulutnya, dan menelan sungai yang disemburkan naga itu dari mulutnya. 12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.
          Pasal Wahy 12:1-17 memaparkan empat konflik besar di antara Allah dan Iblis:
          1. (1) konflik Iblis dengan Kristus dan pekerjaan penebusan-Nya (ayat Wahy 12:1-5),
          2. (2) konflik Iblis dengan orang Israel yang setia (ayat Wahy 12:6,13-16),
          3. (3) konflik Iblis dengan sorga (ayat Wahy 12:7-9), dan
          4. (4) konflik Iblis dengan orang percaya (ayat Wahy 12:10-11,17

        • Pasal Wahy 12:1-17 memaparkan empat konflik besar di antara Allah dan Iblis:
          1. (1) konflik Iblis dengan Kristus dan pekerjaan penebusan-Nya (ayat Wahy 12:1-5),
          2. (2) konflik Iblis dengan orang Israel yang setia (ayat Wahy 12:6,13-16),
          3. (3) konflik Iblis dengan sorga (ayat Wahy 12:7-9), dan
          4. (4) konflik Iblis dengan orang percaya (ayat Wahy 12:10-11,17

          apa yang menjadi dasar dari tafsir anda diatas, hanya pendapat pribadi / memang ada tafsir tersendiri dalam memahami ayat 2 diatas?

        • Surganya masih koflik toh…
          Pantesan aja dr kemaren di tanyain masalah surga gk bisa jawab,ternyata malaikat sama naga berantam karena sengketa lahan toh…

        • Sant bercuap:
          Di surga kristen tidak ada acara kawin mawin ,
          Lalu dipatahkan sendiri argumennya:
          21:9. Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu PENGANTIN PEREMPUAN, mempelai Anak Domba.”
          Pernyataan bung sant ternyata ga sesuai sama ayat kitabnya. Kalo ga ada perkawinan kenapa mesti ada pengantin perempuan? emangnya tuh pengantin sunat? :D

        • Mor ,
          Itu adalah hubungan Tuhan Yesus dengan umat yang percaya padanya yang diumpamakan seperti pengantin.
          Mempelai laki-laki adalah Tuhan Yesus dan mempelai perempuan
          adalah umat manusia yang percaya pada Tuhan Yesus.

          Wahyu 19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

          Konsep perkawinan antara Allah dan umat-Nya tidak hanya ada di dalam Perjanjian Baru saja, tetapi sejak di Perjanjian Lama juga sudah ada.

          Yesaya 54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya;

          Hosea 2:19 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN.

          Yesus sendiri bicara tentang diri-Nya sebagai mempelai laki-laki, waktu ditanya mengapa murid-murid-Nya tidak berpuasa sedang murid Yohanes Pembaptis dan murid orang Farisi berpuasa?

          Markus 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa.”

          Paulus mengatakan bahwa umat Tuhan telah dipertunangkan, yang jadi mempelai perempuan yang akan dikawinkan dengan mempelai laki-laki yaitu Kristus.

          2 Korintus 11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

          Pada akhirnya mempelai perempuan itu akan kawin dengan Yesus.

          Wahyu 19:6-8 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: “Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja. Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia. Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!” [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.]

          Umat-Nya dilambangkan sebagai mempelai perempuan, apakah dia laki-laki atau perempuan. Jangan bingung, karena laki-laki dan perempuan itu hanya menurut perspektif dunia, sedang dalam hubungan dengan Kristus posisi gender itu tidak penting!

          Galatia 3:26-28 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah [sons of God] karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

          Gereja – umat-Nya – pengantin perempuan dipanggil untuk menjadi seperti Yesus Kristus!

          Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

          Kita adalah calon mempelai perempuan, yang dipanggil untuk menjadi serupa dengan Yesus Kristus. Kita harus intim dengan Dia. Dengarkan Dia, turuti perintah-Nya.

          Di Taman Eden, Allah menciptakan mempelai perempuan untuk Adam, pengantin perempuan itu sepadan dengan Adam, menjadi penolong baginya. Kejadian 2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

          Alkitab melukiskan sesuatu yang paralel dan kontras juga antara Adam dan Yesus.

          Dalam 1 Korintus 15:45-49 Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup”, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan. Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah. Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga. Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga. Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.

          Kita semua harus yakin, bahwa seperti Allah sudah menyiapkan mempelai perempuan yang sepadan untuk Adam yang pertama, begitu pula Allah akan menyiapkan mempelai perempuan yang sesuai untuk Yesus, sebagai Adam yang terakhir.

        • Dan ternyata di sorganya kristen masih ada perkawinan tow? Ga sesuai banget sama statement mu yg mengatakan kalo di sorga kristen ga ada yg namanya kawin.
          Pada akhirnya mempelai perempuan itu akan kawin dengan Yesus.
          Ada pertunangan, perkawinan, perempuan hamil, melahirkan, kesakitan, dan diuber2 naga.

        • mor,
          Sepertinya kamu tidak mengerti dengan apa yang sudah dijelaskan ya, atau kamu memang pura-pura bodoh atau memang membodohkan diri. Saya rasa tidak perlu orang yang jenius untuk bisa mengerti apa yang sudah dipaparkan di atas tadi.

        • @sant
          Kamu mau menjilat ludahmu sendiri ya atas statement yg sudah terlanjur kamu ungkapkan bahwa di sorga kristen TIDAK ADA PERKAWINAN, sementara ayatmu berkata lain.. :D
          terlalu banyak inkonsisten dalam kitabmu dan apa yg kau ucapkan.

        • saya ulangi lagi pertanyaan saya bung sant.

          apa yang menjadi dasar dari tafsir anda diatas, hanya pendapat pribadi / memang ada tafsir tersendiri dalam memahami ayat 2 diatas?

        • @sant
          kenapa anda menggunakan kata Allah dalam setiap pernyataan anda mengapa bukan nama yang lain, bukankah itu nama tuhan kami (umat islam )

          apakah agama anda tidak memiliki nama untuk tuhan anda, sehingga harus meminjam nama tuham ,milik agama lain.

  9. ALKITAB MENYATAKAN HANYA 144000 ORANG SAJA YG MASUK SYURGA?
    ” Dan Mereka Berkata : ‘Sekali kali Tidak Akan Masuk Syurga Kecuali Orang – Orang Yahudi Dan Nasrani ‘ Demikian Hanya Angan – Angan Mereka Yang kosong Belaka Katakanlah: ” Tunjukanlah bukti kebenaranmu Jika Kamu Adalah Orang – Orang Yang Benar ( Qs 2 : 111 )

    Pernahkah anda mendengar propaganda misionaris yang mengatakan :
    �barang siapa percaya akan Yesus kristus, maka ia akan masuk sorga �

    Yang dimaksud ialah, barang siapa mengakui Yesus mati disalib untuk menebus dosa manusia dan mengakui Yesus sebagai Tuhan maka ia akan masuk sorga, dan barang siapa mau dibaptis untuk menjadi pengikut Yesus maka ia akan terselamatkan dan akan masuk dalam kerajaan sorga.

    Padahal Yesus sendiri, sama sekali tidak pernah disalib dan belum mati, baik dari dalil-dalil yang ada dalam Al-Qur�an maupun dalam Alkitab, dan Yesus juga sama sekali tidak pernah mengaku sebagai Tuhan, dia justru mengaku sebagai manusia utusan Allah SWT, dalil-dalil tersebut berpuluh-puluh jumlahnya baik dalam Al-Qur�an maupun dalam Alkitab.

    Yesus tidak bertanggung jawab terhadap orang-orang non Israel di seluruh dunia ini.
    Menurut Alkitab, hanya 144.000 orang yang akan masuk syurga :
    Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel. Wahyu 7:4
    Dari 144.000 orang yang dijamin masuk syurga tersebut adalah dari dua belas suku Israel yang masing-masing suku mendapat jatah 12.000 :

    Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan,
    dari suku Ruben dua belas ribu,
    dari suku Gad dua belas ribu,
    dari suku Asyer dua belas ribu,
    dari suku Naftali dua belas ribu,
    dari suku Manasye dua belas ribu,
    dari suku Simeon dua belas ribu,
    dari suku Lewi dua belas ribu,
    dari suku Isakhar dua belas ribu,
    dari suku Zebulon dua belas ribu,
    dari suku Yusuf dua belas ribu,
    dari suku Benyamin dua belas ribu. Wahyu 7:5-8

    Orang-orang Kristen yang mau menggunakan akal sehatnya, tentu akan mengetahui kebenaran secara nyata.

    • wah, ga ada suku GUNTUR/ suku Amber/ suku atar/ suku ahmad/ ataupun suku2 domba nyungsep di situ. Berarti…..???? Simpulin sendiri ajalah… ckckckck…kasihan…kasihan… :D

  10. Kasihan sekali sorganya Kristian, selain ada peperangan, lokasinya juga sempit. Cuma 12.000 Stadia. 1 Stadia = 85 meter. Total 102 Hektar. Diisi oleh 144.000 orang suku Israel. Jadi tiap-2 Hektar di isi oleh 1.411,8 orang. Bisa dibayangkan lahan sorga yang 1 m2 diisi oleh 7,08 orang. Kayak ikan asin dong, harus ditumpuk. He he he he..

    Dan ada lagi, siapa bilang di sorga Kristian tidak ada kawin mawin :

    Why. 22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

    He he he…..

  11. Kasihan sekali sorganya Kristian, selain ada peperangan, lokasinya juga sempit. Cuma 12.000 Stadia. 1 Stadia = 85 meter. Total 102 Hektar. Diisi oleh 144.000 orang suku Israel. Jadi tiap-2 Hektar di isi oleh 1.411,8 orang. Bisa dibayangkan lahan sorga yang 1 m2 diisi oleh 7,08 orang. Kayak ikan asin dong, harus ditumpuk. He he he he..

    Dan ada lagi, siapa bilang di sorga Kristian tidak ada kawin mawin :

    Why. 22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

    He he he…..

  12. Apa enaknya sorga Kristian? Berhimpit-himpitan. Dan diluar 12 suku Israel, maka tidak akan mendapatkan tempat di dalamnya. Memangnya Mikrolet, yang sudah penuh harus ditumpuk juga? He he he he…

Tinggalkan Balasan